Google Hadirkan 2 Aplikasi yang Irit Kuota, Apa Itu?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017, 20:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 05 207 1825655 google-hadirkan-2-aplikasi-yang-irit-kuota-apa-itu-IwdxxAE39d.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Google rupanya amat memperhatikan kalangan pengguna yang baru mengenal internet (Next Billion Users). Tak hanya merilis Android Go, sebagai sistem operasi untuk smartphone low-end, raksasa teknologi itu juga meluncurkan dua aplikasi yang ramah kuota.

Tak tanggung-tanggung, Google menghadirkan dua aplikasi bertajuk Files Go dan Google Go.

Google Go merupakan aplikasi pencarian yang hemat kuota data yang ditujukan untuk ponsel dengan keterbatasan internet dan Wi-Fi. Aplikasi ini hanya memakan slot memori 5 MB saja.

Baca: 3 Aplikasi Penghemat Data di Android, Nomor 3 Baru Diperkenalkan

Berkat pengembangan inovasi Google dalam teknologi komperesi ponsel, pengguna bahkan mampu menghemat kuota hingga 40% saat menelusuri informasi dengan Google Go.

Sementara itu Files Go merupakan aplikasi untuk mengirim dan menerima file tanpa menggunakan internet. Pengguna dapat melakukan transfer file dari ponsel mereka ke ponsel lain dalam jarak dekat.

Proses transfer file pun terenkripsi, kecepatannya mencapai 125 Mbps, dan sama sekali tidak menggunakan kuota ponsel pengguna. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menata penyimpanan file pada ponsel pengguna dengan lebih cepat.

Aplikasi ini didasarkan pada riset Google di 170 kota di Indonesia dan India. Pengguna baru internet di wilayah ini dinilai cenderung menggunakan ponsel low-end dengan kapasitas memori antara 512 MB hingga 1 GB.

Pengguna di wilayah ini juga seringkali mengakses internet di tempat dengan kualitas jaringan yang tidak stabil. Alhasil aplikasi pencarian Google dirancang akan berjalan dengan cepat meski hanya didukung ponsel low-end dan jaringan 2G.

Baca juga: Google Luncurkan Aplikasi Penghemat Internet Datally

“Situs dimuat dengan lebih cepat, bahkan dari perangkat dengan RAM rendah di jaringan 2G. Jika Internet Anda terputus saat sedang menelusuri informasi di Google, secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil penelusuran saat Anda kembali online,” kata Google dalam keterangan yang diterima Okezone.

Kedua aplikasi ini telah dirilis dan tersedia di Play Store. Untuk Google Go sendiri baru tersedia dalam versi preview untuk pengguna di Indonesia dan India. Sementara Files Go dirilis secara global untuk seluruh ponsel dengan OS minimal Android 5.0 atau Lollipop. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini