Ini Dia Foto-Foto Menakjubkan Fenomena Supermoon

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 56 1825282 ini-dia-foto-foto-menakjubkan-fenomena-supermoon-8yCwBbY0oq.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Seiring fenomena supermoon yang menerangi langit malam pada 3 Desember, Twitter ramai dengan foto-foto bulan yang menakjubkan disertai sejumlah meme lucu dan lelucon.Supermoon muncul saat bulan penuh dan orbit elips membawanya lebih dekat dengan Bumi dari biasanya.

Menurut Gordon Johnston, seorang eksekutif program dengan sistem luar angkasa Nasa OSIRIS-REx, bulan akan muncul hingga 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya, dilansir dari International Business Times, Selasa (5/12/2017).

Karena ini adalah bulan purnama terakhir di musim gugur, fenomena itu juga dikenal sebagai Frost Moon atau Moon Before Yule. Bulan purnama berikutnya akan tampak pada 1 Januari 2018, sebagai yang kedua dari tiga supermoon, yang disebut trilogi supermoon oleh NASA. Supermoon ketiga akan terjadi pada 31 Januari.

Tentu saja, orang-orang segera membanjiri media sosial dengan banyak foto menakjubkan yang menangkap fenomena bulan dengan menggunakan hashtag viral #supermoon. Beberapa orang memilih untuk memperingati peristiwa supermoon dengan meme lucu, lelucon Star Wars dan komentar-komentar lainnya.

"Saya suka ketika bulan terlihat super," kata aktris Juliette Lewis.

Illustrator Amerika sekaligus kartunis Brandon Bird menulis pada akun Twitter-nya, "Itu bukan #supermoon, itu adalah Hans Solo di sebuah pod kecil".

Secara teknis, ini akan menjadi supermoon ke empat tahun ini, tetapi bulan ini merupakan satu-satunya yang dapat terlihat dengan mata telanjang. Sebab, tiga supermoon lainnya pada 2017 bertepatan dengan bulan baru, ketika piringan bulan benar-benar gelap.

Bulan purnama pada 3 Desember terjadi pukul 22.47 WIB. Pada 4 Desember, orbit bulan akan mencapai titik terdekat ke Bumi, berada sekira 357,98 kilometer dari Bumi pada pukul 16.00 WIB.

Buka halaman berikutnya untuk melihat foto.

Ini adalah foto yang diunggah oleh akun Twitter NASA. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut mendokumentasikan fenomena supermoon di Washington DC.

Supermoon terlihat melewati kawasan Mongolia. Foto ini diunggah oleh Randy Bresnik dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Supermoon muncul di kawasan Polish Hill, Pittsburgh pada 4 Desember 2017. Fenomena supermoon terakhir di tahun ini diabadikan oleh Dave DiCello.

Supermoon terlihat bersembunyi di awan. Foto ini diambil oleh Simon C Woodley di Roker Pier, Sunderland, Inggris.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini