Google Assistant Akan Hadir di Feature Phone

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 207 1825883 google-assistant-akan-hadir-di-feature-phone-We32EpoOrh.jpg

JAKARTA - Selain mengumumkan Android Go, Google juga menyimpan informasi lain yang juga baru terungkap baru-baru ini. Perusahaan asal California tersebut mengindikasikan adanya dukungan untuk perangkat ponsel yang lebih luas.

Tampaknya Google menyiapkan agar asisten digital Google Assistant bisa berjalan di feature phone. Untuk menunjukkan niatnya tersebut, Google bekerja sama dengan produk feature phone di India bernama Reliance JioPhone.

​

Reliance JioPhone ditenagai oleh sistem operasi yang dinamakan KaiOS. OS tersebut berbasis Forefox OS dan telah memiliki asisten digital sendiri bernama HelloJio, demikian dikutip dari Phone Arena, Rabu (6/12/2017).

Baca juga: Mantap! Ada Fitur Bixby di Google Assistant, Seperti Apa?

Untuk bisa menjalankan Google Assistant di JioPhone, Google harus melakukan kostumisasi pada asisten digitalnya agar bisa bekerja di layar feature phone yang seukuran 2,4 inci beresolusi QVGA.

Antarmuka Google Assistant di feature phone dikatakan bakal berbeda dari yang dilihat di perangkat smartphone. Selain itu ada beberapa fitur di smartphone juga tak bisa diimplementasikan di feature phone.

Namun Google mengatakan fungsi utama dari Google Assistant tak akan dihilangkan di JioPhone. Meski lebih mirip sebagai uji coba, mungkin saja feature phone akan mendapatkan perintah suara di masa mendatang.

Baca juga: Google Assistant Punya Panggilan Baru, Apa Itu?

Karena JioPhone hanya ada di kawasan India, Google Assistant di feature phone kemungkinan baru akan tersedia di negara tersebut. Tapi Google sendiri mengaku, negara-negara berkembang seperti India dan Indonesia menjadi inspirasi dalam memperluas produknya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini