Siap-Siap Emoji Baru di Android dan iOS Rilis 2018

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 06 207 1826083 siap-siap-emoji-baru-di-android-dan-ios-rilis-2018-eY6ybiD1sr.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Unicode Consortium, organisasi nirlaba yang mengembangkan simbol di sistem operasi mengumumkan satu set emoji baru yang bisa dipakai tahun depan.

Meski pun pembahasannya belum tuntas, mereka memberikan bocoran beberapa emoji baru yang akan ada pada 2018.

Biasanya, seperti dikutip dari laman Phone Arena, keputusan akhir emoji baru akan diambil di acara Unicode yang diselenggarakan Januari.

Begitu sudah disetujui, emoji akan dilepas ke sistem operasi mayor pada pertengahan 2018.

Menurut informasi, ada lebih dari 100 emoji, tetapi, tidak semua akan masuk ke Android dan iOS tahun depan.

Baca juga: Daftar Emoji Populer yang Paling Banyak Dipakai saat Chatting, Apa Itu?

Unicode menyiapkan simbol-simbol dalam dua arah, kanan dan kiri. Beberapa emoji yang ada saat ini hanya ada satu gambar, misalnya orang berlari ke arah kanan.

Unicode juga memberi informasi emoji yang dihapus dari daftar kandidat 2018.

Emoji adalah kumpulan ikon animasi yang memiliki ekspresi tertentu dan dapat menggambarkan sesuatu. Saat ini pengguna aplikasi mungkin sudah tak asing lagi dengan fitur yang satu ini.

Dari sekian banyaknya emoji yang bisa dipakai, ada beberapa di antaranya yang paling populer digunakan, seperti dirangkum dari Phone Arena.

Baca juga: Unik! Emoji Nantinya Bisa Digunakan sebagai Password Ponsel Android

Kepopuleran emoji diambil berdasarkan pengguna yang berbahasa Inggris dan menggunakan perangkat iOS dan Mac bikinan Apple. Oleh karena itu, peringkatnya sendiri hanya berdasarkan pengguna Apple.

Meski tak disebutkan berapa persentase yang dimiliki oleh masing-masing emoji, namun emoji yang dikenal sebagai "face with tears of joy" menjadi yang terpopuler di antara emoji lainnya. Selain itu ada pula emoji hati, menangis, dan wajah tersenyum dengan mata berbentuk hati serta ekspresi memberikan ciuman hati.

Sebelumnya pada Juli lalu, Facebook juga merilis emoji yang paling banyak digunakan oleh penggunanya. Di Indonesia sendiri, emoji dengan ekspresi "rolling on the floor laughing" paling banyak digunakan di aplikasi Messenger.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini