5 Negara dengan Jumlah Startup Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 16:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 207 1826154 5-negara-dengan-jumlah-startup-terbanyak-indonesia-urutan-berapa-rMdfWJm7Ne.jpg (Foto: Financialexpress)

JAKARTA - India mengklaim telah memiliki 8.000 startup dan menjadi negara nomor dua penghasil startup di dunia setelah Amerika Serikat. Hal ini diungkap oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat di ajang India-ASEAN ICT Expo 2017.

Pradeep mengatakan saat ini ada 10 unicorn yang berasal dari India. Tumbuhnya startup di Negeri Taj Mahal, dikatakan Pradeep, didorong oleh kebijakan pemerintah yang berpihak kepada para startup.

Selain itu pertumbuhan startup juga ditunjang oleh ketersediaan sumber daya manusia, edukasi teknologi, pendidikan serta penyediaan finansial, dan solusi untuk memecahkan permasalahan lokal.

"Kenapa bisa ada 8.000 startup? Karena tersedianya sumber daya manusia, kebijakan pemerintah, pendidikan, finansial, dan banyak local problem yang jadi bisa menyajikan solusi," kata Pradeep, Kamis (6/12/2017).

Baca juga: Mantap! Startup Indonesia Dapat Kucuran Dana Rp400 Miliar

Meski demikian, berdasarkan halaman Startup Ranking, jumlah startup di India ada sejumlah 4.563. Memang, India masih berada urutan kedua setelah Amerika Serikat. Negeri Paman Sam tersebut memiliki jumlah startup 28.611.

Posisi ketiga hingga kelima di duduki oleh Inggris, Indonesia, Kanada. Inggris memiliki jumlah startup 2.942, Indonesia 1.646, serta Kanada 1.522.

Baca juga: 5 Startup Termahal di Dunia, Apa Saja?

India-ASEAN ICT Expo 2017 adalah pameran produk dan layanan telekomunikasi negara India dan ASEAN. Kali ini gelaran tersebut mengambil tempat di Jakarta, mengingat Indonesia menjadi pasar strategis dan potensial bagi India.

Selain pameran ajang tersebut juga mengadakan konferensi dengan pembahasan soal pelatihan, regulasi, konvergensi TI, telekomunikasi, e-Health, e-Governance, e-Education, e-Finance, infrastruktur, dan lainnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini