MeraNet, Aplikasi Browser Terbaru Sapa Pengguna Internet Indonesia

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 16:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 06 207 1826174 meranet-aplikasi-browser-terbaru-sapa-pengguna-internet-indonesia-jtij2DsKgp.jpg (Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Browser merupakan salah satu aplikasi yang penting untuk berselancar di dunia maya. Melalui aplikasi tersebut pengguna internet bisa mencari beragam informasi dari miliaran website di seluruh dunia.

Salah satu browser asal India, mencoba peruntungannya di Indonesia. Pengembang layanan internet mobile, DataWind, mengumumkan kehadiran browser bernama Meranet.

Sama seperti browser pada umumnya, di mana pengguna bisa mencari informasi di internet, namun Meranet memiliki perbedaan dari segi layanannya. DataWind menawarkan paket berlangganan akses browsing selama satu tahun.

Baca juga: Nih! Penelitian Ungkap Peringkat Aplikasi Browser Teraman di Dunia

DataWind menggandeng dua operator di Indonesia untuk urusan data internet yakni Hutchison Three (3), dan Telkomsel. Mereka menyediakan paket berlangganan selama setahun dengan akses unlimited seharga Rp99 ribu.

"Akses internet kini telah menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup kita. Namun meningkatnya biaya data membatasi kita dari sumber daya virtual ini," kata Rupinder Singh, Kepala Asia Pasifik DataWind di acara peluncurannya di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Singh mengatakan pihaknya juga tengah melakukan negosiasi dengan operator lainnya soal penyediaan akses internet di Indonesia. Adapun konektivitas yang diberikan telah mendukung semua jaringan, baik 3G maupun 4G.

Baca juga: Mantap! Salip Firefox, Google Chrome Rajai Browser di Mobile dan Desktop

Namun sayangnya, akses internet yang dibagikan oleh Meranet baru sebatas browsing website. Layanan browsing di browser ini belum mencakup streaming dan menonton video di YouTube.

Alasannya, yakni dari segi pemrograman yang digunakan oleh Meranet. Dikatakan Singh, browser tersebut saat ini baru mendukung JavaScript. Di India pengguna feature phone dengan pemrograman JavaScript masih cukup banyak sekira 50-55%.

Meranet akan hadir dalam tiga hari ke depan di Indonesia. Aplikasi ini baru tersedia di sistem operasi Android, mulai dari versi KitKat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini