Xiaomi hingga Huawei Salip Samsung di Pasar Ponsel China

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 21:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 207 1826364 xiaomi-hingga-huawei-salip-samsung-di-pasar-ponsel-china-vNSWYIKEEV.png (Foto: Android Beat)

BEIJING – Vendor smartphone China memang sempat dipandang sebelah mata. Namun kini eksistensi mereka patut diakui di kancah global dengan berbagai inovasi yang mereka lakukan.

Kini bahkan vendor China mendominasi pasar smartphone di negerinya sendiri.

Berdasarkan data yang dirilis Kantar Worldpanel, beberapa vendor China menunjukkan tanda-tanda yang matang. Untuk kuartal yang berakhir pada Oktober lalu, lima besar vendor yang menyumbang 91% di selurh pasar smartphone yakni Huawei, Xiaomi, Apple, Vivo dan Oppo.

Baca: 5 Smartphone Terlaris di 2017, Apa Saja?

Nampak dari data tersebut bahwa vendor China sangat mendominasi. Jumlah itu naik 79% dari tahun sebelumnya. Disisi lain raksasa teknologi Samsung berada pada pangsa pasar 2,2% di China, dan jumlah itu terbilang memburuk.

Penting untuk menilik bagaimana strategi perusahaan dalam mendobrak pasar China yang terbilang penting itu. Oppo dan Vivo telah memprioritaskan daerah pedesaan di China dengan mendirikan toko dan service demi mendekatkan perangkat mereka ke konsumen.

Xiaomi sendiri tetap mendominasi penjualan online, meski penjualan itu terbilang menurun karena toko fisik dinilai lebih cepat menuai penjualan. Naun strategi Xiaomi ini terbilang sukses untuk mendobrak pasar.

Baca juga: Gara-Gara Xiaomi Cs, Samsung Merugi, Kok Bisa?

Sementara itu Huawei berfokus ke wilayah perkotaan China, hingga ia dinobatkan sebagai salah satu merek smartphone terpopuler.

Untuk Apple, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini masih mempertahankan dirinya sebagai merek premium termasuk di China. Debut iPhone X sebagai flagship terbarunya berpotensi akan meningkatkan jumlah penjualan di kuartal berikutnya, karena handset tersebut dicari oleh konsumen muda di China. Demikian seperti dilansir The Verge, Rabu (6/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini