CEO Apple Optimistis Aplikasi yang Diblokir di China Segera 'Bebas'

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 09:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 06 207 1826387 ceo-apple-optimistis-aplikasi-yang-diblokir-di-china-segera-bebas-f4NfDwdLXl.jpg (Foto: Reuters)

CUPERTINO – China dikenal sebagai negara yang amat ketat khususnya dalam hal internet. Bahkan berbagai perusahaan yang layanan atau produknya banyak digunakan di dunia pun kerap gagal melenggag di negeri tirai bambu tersebut.

Meski begitu, Apple optimis bahwa beberapa aplikasi populernya yang diblokir di App Store China akan segera dipulihkan oleh pemerintah setempat. Hal ini secara langsung disampaikan oleh CEO Apple, Tim Cook.

Baca: Kantor Apple 'Digerebek' Penyidik Korea Selatan, Kenapa?

Cook mengungkapkan hal ini dalam Forum Fortune di kota Guangzhou, Cina selatan. Ia juga mengatakan bahwa ia sangat menekankan kebebasan sebagaimana banyak disuarakan oleh berbagai kalangan termasuk di Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya Apple menuai keluhan dari para penggunanya di China karena perusahaan menghapus beberapa aplikasi dari App Store di China berdasarkan rekomendasi pemerintah.

“Harapan saya seiring waktu beberapa aplikasi yang telah ditarik dikembalikan, saya memiliki harapan besar akan hal itu,” kata Cook sekaligus menambahkan bahwa dirinya selalu berupaya untuk menemukan celah kerjasama.

Baca juga: CEO Apple dan Facebook Temui Presiden China, Apa yang Dibicarakan?

Toko aplikasi yang dikelola oleh Apple maupu Google sendiri menghasilkan miliaran dolar pendapatan secara global. China merupakan target pasar utama karena pengguna bergantung pada ponsel mereka dalam melangsungkan aktivitas sehari-hari.

Tak hanya bagi Apple dan Google, China menjadi pasar yang banyak dibidik oleh Facebook dan perusahaan teknologi dunia lainnya. Sayangnya mereka kerap mengalami kendala dalam mendobrak aturan ketat pemerintah China. Demikian seperti dilansir Business Insider, Kamis (7/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini