Tak Hanya Snapdragon, Android Oreo Go Juga Dukung MediaTek

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 207 1826671 tak-hanya-snapdragon-android-oreo-go-juga-dukung-mediatek-KkV36a8QcF.jpg (Foto: Android Authority)

JAKARTA - Qualcomm telah mengatakan bahwa SoC bikinannya, Snapdragon, akan mendukung sistem operasi Android Oreo Go. Sistem operasi tersebut dihadirkan Google untuk handset di kelas low-end.

Selain Qualcomm, produsen chipset lainnya yakni MediaTek juga mengumumkan hal yang sama. SoC (system on chip) seperti MT6739, MT6737, and MT6580, akan bisa menunjang smartphone yang menjalankan Android Oreo Go.

Sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Kamis (7/12/2017), MediaTek mengatakan smartphone dengan Android Oreo Go pertama dengan SoC miliknya bakal hadir pada kuartal pertama 2018.

Baca juga: Lebih Hemat Daya, MediaTek Rilis Chipset Berbasis IoT

Sebagian besar handset yang dijual bersamaan dengan SoC MediTaek tersebar di kawasan India, Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin.

Android Oreo Go resmi diperkenalkan Google pada 5 Desember 2017. Andorid Oreo dalam versi sederhana itu akan berjalan pada smartphone dengan RAM 512MB atau 1GB.

Baca juga: Gagal di Pasar Ponsel, Sony Bergabung pada Binsis Chip Kamera

Dengan sistem operasi tersebut smartphone di kelas menengah ke bawah bisa memakai aplikasi di kasta lebih tinggi seperti Google Assistant, Google Maps, Gmail dan lainnya. Beberapa aplikasi tersebut juga memiliki fitur hemat data seperti YouTube Go.

Mengingat pengguna produk Google di India terbilang banyak, maka kemungkinan besar Android Oreo Go akan dirlis pertama kali di Inda. Google mengtakan bahwa penggunanya di Inda lebih banyak dibandingkan Amerika Serikat.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini