Spesifikasi Snapdragon 845, Apa Saja Keunggulannya?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 15:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 207 1826753 spesifikasi-snapdragon-845-apa-saja-keunggulannya-aj6O11mQgu.png (Foto: You Mobile)

JAKARTA – Qualcomm baru-baru ini menggoda publik dengan chip smartphone andalannya. Kini chipset tersebut diumbar secara rinci oleh perusahaan.

Dalam ajang Snapdragon Summit di Maui perusahaan memaparkan spesifikasi Snapdragon 845, yakni prosesor premium terbaru yang akan dirilis tahun 2018.

Baca: Spesifikasi Snapdragon 845, Apa Keunggulannya?

Snpadragon 845 akan memiliki arsitektur 10 nm yang sama dengan chipset pendahulunya. Meski begitu Qualcomm mengubah beberapa arsitektur demi menarik lebih banyak fokus pada pencitraan.

Wajar saja jika hal tersebut menjadi salah satu fokus Qualcomm karena kini banyak vendor yang mengedepankan fitur fotografi yang apik baik melalui kamera maupun untuk mendukung aplikasi AR dan VR.

Adalah Spectra 280 ISP dan Andreno 630 yang menjadi arsitektur terbaru dalam Snapdragon 845. Arsitektur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pengambilan foto maupun saat merekam video, termasuk kemampuannya untuk menangkap lebih banyak informasi warna high dynamic range serta playback pada display Ultra High-Def.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) turut menjadi fokus Snapdragon 845. Qualcomm menjanjikan beberapa keuntungan khususnya peningkatan kinerja hingga tiga kali dari keseluruhan kinerja AI pada SoC sebelumnya. Artinya, asisten pribadi dan hal lain yang berkaitan dengan AI akan berjalan dengan lebih baik.

Dari sisi keamanan, Snapdragon 845 mengusung subsistem yang terisolasi hardware yang disebut secure processing unit (SPU). Teknologi ini dirancang untuk perbaikan dalam proses otentikasi serta enkripsi.

Baca juga: 2018, Xiaomi Mi 7 Bakal Diperkuat Qualcomm Snapdragon 845

Tak hanya itu, Snapdragon 845 juga menjanjikan penghematan energi baterai bahkan hingga 30% untuk fitur yang cukup menguras baterai seperti perekaman video serta game AR maupun VR.

Chipset baru Qualcomm ini sudah mulai didistribusikan ke produsen dan akan diluncurkan pada berbagai perangkat pada 2018. Demikian seperti dilansir TechCrunch, Kamis (7/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini