Xiaomi Mi Pad Dilarang Beredar di Eropa, Kenapa?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 19:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 207 1826947 xiaomi-mi-pad-dilarang-beredar-di-eropa-kenapa-JFk5k6Rdvm.jpg (Foto: Xiaomi)

JAKARTA – General Court Uni Eropa di Luksemburg, yang merupakan pengadilan tertinggi kedua di Uni Eropa telah membatalkan banding dari Xiaomi. Perusahaan asal China ini telah mendaftarkan merek dagang mereka untuk tablet besutannya bertajuk “Mi Pad.

Pengadilan Uni Eropa menilai bahwa merek dagang yang diusung Xiaomi terlalu mirip dengan iPad milik Apple. Alhasil kemiripan ini dinilai berpotensi membingungkan konsumen.

Baca: Mi Pad 2 Versi Windows 10 Dilego Rp2 Jutaan

Kegagalan Xiaomi ini bukan terjadi pertama kalinya. Pada 2014 Xiaomi mengajukan permohonan untuk merek dagang untuk Mi Pad ke pengadilan Uni Eropa.

Atas permohonan itu Apple kemudian mengeluh kepada Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa dengan mengatakan bahwa konsumen akan disesatkan dan berasumsi bahwa Mi Pad adalah varuasi dari merek dagang iPad miliknya.

Xiaomi Mi Pad pertama kalinya diperkenalkan pada 2014. Perangkat ini memang memiliki kemiripan dengan iPad Apple baik dalam hal ukuran layar serta material yang digunakannya.

Baca juga: Xiaomi hingga Huawei Salip Samsung di Pasar Ponsel China

“Produk tablet Apple dan Xiaomi tidak hanya terlihat sama, nama iPad dan Mi Pad pun sangat mirip. Kemiripan ini membingungkan baik dalam logat bahasa Inggri maupun non Inggris,” kata pengadilan Uni Eropa.

Xiaomi sendiri jika bersikukuh dengan merek dagang yang diusungnya masih bisa melakukan banding ke Pengadilan Tinggi setempat, meski tak dapat dipastikan langkahnya akan membuahkan hasil yang diinginkan perusahaan. Demikian seperti dilansir ZDNet, Kamis (7/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini