Laba-Laba Ini Memangsa Serangga yang Lebih Besar dari Tubuhnya

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 05:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 56 1826605 laba-laba-ini-memangsa-serangga-yang-lebih-besar-dari-tubuhnya-2k4JDa78S5.jpg (Foto: Sunayana Ram Mohan)

CANBERRA - Laba-laba kepiting putih betina menyukai bunga-bunga. Laba-laba dengan nama ilmiah Thomisus spectabilis ini tidak mudah ditemukan karena ia lebih suka hinggap di kembang sepatu putih Australia sehingga mangsanya pun bisa terkelabui.

"Biasanya mereka sangat tersamarkan dengan latar belakang berwarna putih. Mereka sering menunggu dengan mengulurkan tangan-tangannya, siap menangkap mangsa," kata Robert Whyte, penulis utama A Field Guide to Spiders of Australia.

Robert menjelaskan, betina dari spesies ini bisa menangkap mangsa yang sangat besar. Tak jarang mereka menyantap serangga yang besarnya berkali-kali lipat dari tubuhnya sendiri.

Baca juga: Hii... Ini 5 Laba-Laba Paling Berbahaya di Dunia

“Anda akan baru menyadarinya saat ada serangga yang tampak tidak bisa bergerak. Lalu, Anda akan lihat bahwa serangga itu sedang dimakan oleh laba-laba kepiting putih," tutur Robert.

Menurut Robert, laba-laba betina itu menggunakan strategi dengan beraksi cepat dan meracuni mangsanya, sehingga tak dapat bergerak dan berhenti melawan. Selain itu, warna tubuhnya yang serupa dengan bunga yang mereka pilih menjadikannya sebagai predator yang hebat

Baca juga: Menakutkan! Video Ini Berisikan Laba-Laba Biru yang Mengerikan

Laba-laba betina yang juga disebut the female spectacular crab spider ini memiliki warna tubuh dari deposit guanine putih yang dikeluarkan oleh usus. Lapisan kulitnya yang bening memungkinkan permukaan putih pada lapisan luar usus itu terlihat.

Robert mengatakan, penelitian sebelumnya mengenai cara laba-laba kepiting kuning berkamuflase dengan bunga kuning telah membantu untuk lebih memahami perubahan warna pada laba-laba kepiting putih betina.

"Awalnya, warna mereka akan berpijar, tapi tetap putih. Kemudian pada tahap ke dua berwarna kuning dan berangsur menjadi kuning cerah pada tahap ketiga,” kata Robert.

Robert juga menuturkan, laba-laba kepiting merupakan laba-laba yang paling mudah untuk dipotret. Mereka fokus berkamuflase agar tidak dapat terdeteksi dan pertahanan diri utamanya adalah dengan berdiam. Demikian dilansir dari Australian Geographic.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini