Sarang Tawon Super Besar Ini Bagai "Mimpi Buruk"

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Sabtu 09 Desember 2017 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 07 56 1826683 sarang-tawon-super-besar-ini-bagai-mimpi-buruk-H7mBY7zcnP.jpg (Foto: Sciencealert)

PATTERSON - Tawon membangun sarang mereka dari serat nabati yang dikunyah. Mereka melekatkannya dengan susah payah hingga menyerupai tumpukan karton.

Menurut sebuah video yang baru saja diunggah oleh seorang pembasmi yang pemberani di Louisiana, sarang tawon ternyata bisa tumbuh menjadi super besar. Mereka akan sangat membencinya saat Anda mengganggu sarangnya.

Petugas lebah profesional sekaligus pembasmi serangga, Jude Verret, telah menjadi pembasmi berlisensi selama 12 tahun. Jelas ini bukan pertama kalinya ia menghadapi sarang tawon besar.

Baca juga: Gokil! Peneliti Ini Rela Disengat Puluhan Lebah demi Temuan yang Mencengangkan

Verret mengatakan, ia pernah melihat sarang yang hampir sama besar sebelumnya, tetapi yang satu itu sangat besar. Sarang itu ditemukan di sudut gudang di kota kecil Patterson, Louisiana.

Dalam video yang diambil dengan kamera GoPro, Verret menunjukkan tingkat tumpukan sarang yang berlapis-lapis, menyelimuti kotak penyimpanan dan alat berkebun di dalam gudang.

Saat ia menggerakkan kameranya ke sekitar ruangan, kurang dari 30 detik dalam video tersebut para tawon terus menyerang dan berkerumun di sekeliling pembasmi.

Serangga menyengat itu terdengar seperti hujan es batu yang tak henti-hentinya, saat mereka berulang kali menabrak kamera. Itu berarti, sang pembasmi pasti juga mendengarkan suara dentuman tersebut dari dalam helmnya.

Baca juga: Peneliti Ungkap Penemuan Tawon Zombie

Sambil menjelaskan melalui video ke dua, ia dengan berani terus menyemprot dan membongkar sarangnya selama 45 menit yang mengerikan.

Menurut Verret, spesies yang ia hadapi adalah tawon kuning jepang (Vespula squamosa), serangga setengah inci (1,3 cm) yang umum ditemukan di AS bagian selatan. Dalam video, ia menyebut tawon tersebut adalah European yellowjackets, yang biasanya mengacu pada spesies yang juga dikenal sebagai German yellowjackets.

Dapat dipastikan sarang tersebut adalah milik Vespula squamosa, karena tawon ini membangun sarang besar di lokasi terpencil yang bisa bertahan selama beberapa tahun karena iklim selatan yang hangat.

Dengan perlengkapan pelindung tubuh yang lengkap, satu atau dua sengatan dapat saja terjadi. Namun, ajaibnya, Verret sama sekali tidak tersengat selama di sana. Demikian dilansir dari Science Alert.

 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini