Google Assistant Kini Berjalan di Feature Phone

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 08:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 57 1827018 google-assistant-kini-berjalan-di-feature-phone-EuIgQ7mMLE.jpg (Foto: Ubergizmo)

MOUNTAIN VIEW – Asisten pribadi telah hadir dan melengkapi setiap smartphone. Sayangnya fitur ini tak dapat dinikmati oleh pengguna ponsel lawas yang hanya memiliki kemampuan terbatas.

Namun rupanya keterbatasan itu kini dipangkas oleh Google dimana raksasa teknologi itu menghadirkan feature phone dengan dukungan asisten digital. Ponsel jenis ini sendiri masih banyak digunakan di berbagai negara berkembang seperti India dan Indonesia.

Baca: Google Assistant Akan Hadir di Feature Phone

Bertajuk JioPhone Reliance, ponsel ini diluncurkan Google di India. JioPhone Reliance mengusung sistem operasi sendiri yang disebut KaiOS, yang berbasis OS Mozilla Firefox.

Google Assistant dalam ponsel ini tampaknya disesuaikan. Meski begitu kemampuan utamanya kurang lebih sama dengan versi Android. Kabar baiknya, ada kemungkinan Google Assistant juga akan hadir pada ponsel-ponsel serupa di masa mendatang.

Baca juga: Android Go, OS Baru Google untuk Smartphone Low-End

Tak hanya Google Assistent pada ponsel murah, sebelumnya Google juga telah memodifikasi sistem operasi Android dan beberapa aplikasi yang mendukung kondisi pengguna di negara berkembang. Beberapa langkah Google itu mencakup handset Android One, serta OS Andorid Go. Demikian seperti dilansir Ubergizmo, Jumat (8/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini