iPhone X Kalah Tangguh Ketimbang iPhone 8 dan Galaxy S8, Kok Bisa?

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 09:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 57 1827019 iphone-x-kalah-tangguh-ketimbang-iphone-8-dan-galaxy-s8-kok-bisa-kjbKivLX2S.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA – iPhone X memang menjadi andalan Apple saat ini. Namun rupanya meski mengusung fitur yang lebih canggih ketimbang pendahulunya, iPhone X justru dinilai lebih buruk.

Berdasarkan data yang dirilis Consumer Reports, peringkat iPhone X bahkan berada di posisi ke-9, dibawah iPhone 8 dan 8 Plus. Tak hanya itu, flagship Apple ini juga tersalip oleh jajaran smartphone terbaru Samsung, yakni Galaxy S8, S8+ dan Galaxy Note 8.

Consumer Reports menemukan bahwa iPhone tidak tahan lama sebagaimana iPhone 8 atau 8 Plus. Saat Consumer Reports melakukan drop test, para ahli menjatuhkan perangkat itu 50-100 kali.

Baca: Fitur di Honor View 10 Mirip dengan iPhone X, Bagus Mana?

Ketiga smartphone Apple itu menggunakan material kaca, namun iPhone X mengalami kerusakan yang paling banyak dari dua saudaranya. Dari tiga unit iPhone X yang mereka uji, dua perangkat mengalami kerusakan layar sedangkan satu lagi mengalami kerusakan serius.

Sementara iPhone 8 dan 8 Plus hanya mengalami goresan kecil. Richard Fisco, kepala pengujian smartphone di Consumer Reports, mengatakan jika tidak karena kerusakan pada drop test, iPhone X akan berada di peringkat lebih atas ketimbang iPhone 8 dan 8 Plus.

Keluhan utama lainnya dari iPhone X adalah daya tahan baterai. Dalam tes baterai Consumer Reports, iPhone X bertahan 19,5 jam. Sementara itu Samsung Galaxy S8 bertahan 26 jam, dan Galaxy S8 Plus 21 jam hanya dengan sekali charge.

iPhone X sendiri disokong baterai 2.716 mAh, lebih kecil dari Galaxy S8 3.000 mAh dan S8 Plus dengan kapasitas 3.500mAh.

Baca juga: iPhone X dan Galaxy S8 Ditebas Pedang Samurai, Mana Lebih Kuat?

Secara keseluruhan Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus terus menempati posisi pertama pada peringkat Consumer Reports. Utamanya hal ini dicapai Samsung karena ketahanan baterainya. iPhone 8 Plus berada di peringkat ketiga, diikuti oleh iPhone 8 dengan kapasitas baterai yang lebih kecil.

Empat perangkat itu memiliki skor keseluruhan 81 dari 100. Posisi mereka diikuti oleh Galaxy Note 8, Galaxy S8 Active, Galaxy S7, LG G6, kemudian iPhone X. Demikian seperti dilansir Value Walk, Jumat (8/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini