Ini Momen Terpopuler 2017 di Facebook, Apa Saja?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 08 207 1827152 ini-momen-terpopuler-2017-di-facebook-apa-saja-E2caBwVV2Y.jpg (Foto: Facebook)

JAKARTA - Selama setahun ini ada beberapa peristiwa yang menjadi sorotan pengguna Facebook dunia. Mereka tak hanya membicarakan soal hari perayaan, namun juga beberapa tragedi kemanusiaan dan juga bencana alam.

Menutup akhir tahun 2017, Facebook telah merangkum peristiwa apa saja yang paling populer selama ini. Data tersebut dihimpun Facebook mulai dari 1 Januari 2017 hingga 1 November 2017. Momen terpopuler diambil berdasarkan banyaknya orang membicarakan topik tersebut dalam tiap harinya.

Momen Terpopuler 2017

Facebook merangkum tiga momen terpopuler yang menjadi pembahasan teratas di layanan media sosialnya.

"Orang-orang berkumpul untuk bereaksi dan berbicara tentang momen dan peristiwa penting yang terjadi di seluruh dunia," ungkap Facebook melalui blog resminya yang dikutip Okezone, Jumat (8/12/2017).

Pertama adalah Hari Perempuan Internasional. Jumlah pembicaraan yang berkaitan dengan peringatan tersebut dilaporkan meningkat dua kali lipat dari tahun lalu.

Baca juga: 10 Video Musik Terpopuler 2017 di Youtube, Despacito Paling Banyak Ditonton

Orang-orang di seluruh dunia, kata Facebook, saling berbicara, berbagi, dan menulis dalam hari perayaan wanita dan isu terkait dengannya.

Kemudian ada pula acara puncak Super Bowl 51. Ini adalah pesta olahraga American Football yang menghadirkan penyanyi Lady Gaga. Momen perayaan tersebut telah mendapatkan lebih dari 262 juta penayangan video.

Ketiga, insiden yang terjadi Las Vegas. Peristiwa ini terjadi sekira awal Oktober 2017. Kejadian yang terbilang tragis itu mendorong lebih dari 3.300 orang untuk menawarkan bantuan kepada para korban dan orang-orang di dekat lokasi melalui fitur Crisis Response di Facebook.

Insiden Terpopuler 2017

"Kedua, orang berkumpul untuk saling mendukung di saat krisis. Tahun 2017 merupakan tahun sulit dengan bencana alam dan kekerasan di seluruh dunia, namun sangat mengilhami untuk melihat orang-orang saling membantu saat mereka membutuhkannya," imbuh Faceboook.

Momen krisis yang menjadi topik terpopuler di Facebook selama 2017 adalah gempa yang terjadi di Meksiko. Peristiwa ini terjadi pada September lalu dan mendorong interaksi tertinggi dalam Crisis Response Facebook setahun ini.

Jutaan orang, kata Facebook, memberitahukan bahwa mereka selamat dan juga menawarkan bantuan kepada pengguna Facebook lainnya atau memberikan donasi.

Baca juga: 10 Momen Terpopuler Twitter Indonesia 2017, Apa Saja?

Kedua, badai Harvey. Pada akhir Agustus lalu, pengguna Facebook berkumpul untuk membantu mereka yang membutuhkan dengan mengumpulkan lebih dari USD20 juta. Ini adalah penggalangan dana terbesar untuk suatu krisis pada 2017 di Facebook.

Kemudian ada pula momen pemulihan usai terjadi serangan teror di Manchester, Inggris. Melalui konser One Love Manchester pengguna Facebook turut bersimpati dengan para korban. Video siaran langsungnya merupakan yang paling banyak dilihat di Facebook.

Konser amal tersebut telah menghasilkan 80 juta penayangan dan mengumpulkan lebih dari USD450.000 bagi para korban yang terkena insiden berdarah tersebut.

Momen Offline Populer 2017

"Orang-orang menggunakan Facebook untuk bisa berkumpul secara langsung," ungkap Facebook. Di tahun 2017 terdapat dua momen populer yang berlangsung dan menjadi acara yang paling banyak dibicarakan.

Pertama adalah Gerhana Matahari Total. Fenomena langka ini menyita perhatian pengguna Facebook pada Agustus lalu. Di media sosial bermuansa biru tersebut ada lebih dari 20.000 acara yang berasal dari 80 negara di dunia.

Kemudian, ada pula peringatan Women's March on DC. Peringatan ini terjadi pada 21 Januari 2017 dengan membawa lebih dari setengah juta orang berkumpul melalui acara Facebook terbesar di 2017.

Itulah beberapa momen dan hal lainnya yang populer di tahun 2017. Facebook mengidentifikasi topik tertentu yang terjadi selama setahun dan mebandingkannya dengan kata kunci populer di tahun lalu.

"Ini berarti ada beberapa kata kunci seperti Hari Ibu dan Halloween, yang memiliki kecenderungan populer di setiap tahunnya, tak terulang di dalam daftar," tutup Facebook.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini