Instagram Bakal Punya Aplikasi Baru Bernama Instagram Direct, Apa Itu?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 207 1827155 instagram-bakal-punya-aplikasi-baru-bernama-instagram-direct-apa-itu-SMfERj8ea8.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Instagram sedang menguji coba aplikasi baru yang memisahkan fitur pesan langsung atau Direct Message. Uji coba tersebut dilakukan di enam negara seperti Chili, Israel, Turki, Italia, Portugal, dan Uruguay.

Langkah ini sama seperti yang dilakukan Facebook terhadap fitur obrolannya. Perusahaan media sosial itu menghadirkan aplikasi terpisah bernama Messenger.

Sebagaimana fungsinya di aplikasi utama, Instagram Direct fokus pada layanan pengiriman gambar. Aplikasi ini secara langsung membawa penggunanya ke menu kamera lebih mudah dari sebelumnya.

Baca juga: Instagram Punya Fitur Baru Stories Highlights, Apa Itu?

Menggeser tampilan layar ke kanan akan memperlihatkan pesan yang masuk. Sementara untuk melihat pengaturan cukup dengan menggesernya ke kiri. Kemudian, untuk mengakses kamera bisa dengan menggeser layar dari atas.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (8/12/2017), Instagram juga menambahkan jalan pintas jika pengguna Instagram Direct ingin berpindah ke aplikasi utama.

Dengan menggeser layar ke kanan dari halaman pesan, maka pengguna akan diarahkan langsung ke aplikasi Instagram. Sebaliknya, mereka juga bisa mengkasesnya langsung dari aplikasi Instagram. Instagram Direct juga memiliki fitur menarik seperti filter dan stiker lucu.

Baca juga: Selain Stories Highlights, Instagram Juga Rilis Fitur Archive

Hingga april 2017, fitur Direct Message di Instagram memiliki pengguna sekitar 375 juta pengguna aktif bulanan. Masih perlu beberapa waktu apakah pemisahannya dari aplikasi utama bakal sesukses Facebook Messenger.

Belum diketahui kapan Instagram akan merilis resmi Instagram Direct ke seluruh dunia. Meski dilaporkan telah tersedia di Play Store, namun Phone Arena mengatakan pengguna masih belum bisa mengunduhnya untuk saat ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini