YouTube Siapkan Layanan Streaming Musik & Video Demi Saingi Apple

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 17:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 08 207 1827440 youtube-siapkan-layanan-streaming-musik-video-demi-saingi-apple-mCQnxvz0ks.jpg (Foto: The Verge)

MOUNTAIN VIEW – Layanan streaming musik baru yang digagas YouTube akan segera dirilis. Laporan dari Bloomberg menyebutkan layanan yang disebut Remix itu akan diluncurkan perusahaan pada Maret 2018.

Peluncuran layanan Remix sendiri bergantung pada kesepakatan harga antara YouTube dengan dua dari tiga penerbit musik ternama yakni Sony Music Entertainment dan Universal Music Group. Sementara Warner Music Group disebut telah menempuh kesepakatan dengan perusahaan yang bernaung di Google tersebut.

Baca: Tiru Snapchat, YouTube Latah Usung Fitur Stories

Kabar ini sekaligus mengkonfirmasi laporan sebelumnya dimana kepala musik YouTube Lyor Cohen mengungkapkan bahwa perusahaan berencana untuk menggabungkan layanan berlangganan YouTube Red dengan Google Play Music. Remix sendiri akan menawarkan musik dan video sebagai upaya menyederhanakan rangkaian produk streaming yang dinilai membingungkan dari YouTube.

Sebelumnya industri rekaman telah bertahun-tahun mengkritik YouTube karena pembayaran yang tidak memuaskan kepada label dan para artis. Langkah ini diharapkan mampu meredam keadaan tersebut.

Baca juga: Bikin Boros Baterai di iOS, Nih Tanggapan YouTube!

Keputusan YouTube untuk menghadirkan layanan streaming musik serta video dalam satu platform, sekaligus merupakan upaya untuk mengejar ketertinggalannya atas Apple dan Spotify. Untuk diketahui, Google belum mendulang untung atas layanan streaming-nya Google Play Music serta YouTube Music Key (YouTube Red).

Menurut sumber, Remix akan mencakup streaming on-demand Spotify dan akan menggabungkan elemen dari YouTube, seperti klip video. YouTube juga telah menghubungi artis untuk meminta mereka mempromosikan layanan baru tersebut. Demikian seperti dilansir The Verge, Jumat (8/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini