Max Born, Fisikawan yang Jadi Sosok Google Doodle Hari Ini

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017 11:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 11 207 1828330 max-born-fisikawan-yang-jadi-sosok-google-doodle-hari-ini-ZMOiAKRh3i.jpg (Foto: Google)

JAKARTA – Google Doodle hari ini, Senin (11/12) menampilkan sosok pria yang tengah berpikir. Di sekelilingnya terdapat tumpukan kertas bernuansa rumus-rumus fisika. Siapakah dibalik sosok tersebut?

Adalah Max Born, seorang fisikawan dan matematikawan Jerman yang mendapatkan penghargaan Nobel dalam bidang mekanikan kuantum. Untuk diketahui, mekanika kuantum merupakan bagian dari ilmu fisika yang mempelajari materi pada tingkat yang sangat rinci, yang mengarah ke penemuan PC, laser, dan medical imaging devices (MRI). Google kini merayakan hari jadi Max Born yang ke-135.

Max Born merupakan seorang pelajar yang berprestasi. Ia meraih gelar Ph.D dari Göttingen University, dimana ia kemudian menjadi profesor fisika teoretis. Berkat pengetahuannya, ia menjadi mentor beberapa ilmuwan terkenal pada masa itu.

Pada 1933, Born terpaksa migrasi dari Jerman ke Inggris dimana ia menjabat sebagai Professor Filsafat Alam di Edinburgh University selama hampir dua dekade hingga ia pensiun pada 1954, saat ia kembali ke Göttingen.

Max Born meraih penghargaan Nobel pada 1954 atas “Born Rule” yakni teori kuantum yang menggunakan probabilitas matematis untuk memprediksi lokasi partikel gelombang dalam sistem kuantum.

Teori sebelumnya menjelaskan bahwa persamaan gelombang adalah pengukuran yang tepat, namun melibatkan pengukuran yang rumit.

Born kemudian menemukan bahwa matriks dapat menghasilkan hasil yang serupa, bergantung pada prediksi probabilitas. Teori besutannya yang revolusioner ini kini memberikan dasar untuk hampir semua prediksi fisika kuantum. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini