Tencent dan Spotify Saling Berbagi Saham, Ada Apa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017 23:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 11 207 1828794 tencent-dan-spotify-saling-berbagi-saham-ada-apa-dhLNUkPVlY.jpg (Foto: Newsweek)

JAKARTA - Spotify dan Tencent Music Entertainment dikabarkan saling berbagi saham di mana Spotify membeli saham Tencent, dan Tencent membeli saham Spotify. Pembelian saham keduanya masih dalam skala kecil.

Harga pembelian saham tak diungkap oleh kedua perusahaan. Namun berdasarkan bocoran masing-masing perusahaan dikatakan membeli saham sebesar 10%.

Kesepakatan ini membuka peluang Spotify untuk berbisnis di China melalui layanan streaming musik. Saat ini Spotify telah beroperasi di 61 negara dunia dan memiliki jumlah pengguna 140 juta secara global, di mana 60 juta di antaranya merupakan pelanggan berbayar.

Baca juga: Ed Sheeran Puncaki Daftar Musisi Terpopuler 2017 Spotify

Menurut Mark Mulligan, Managing Director di MIDiA Research, mengatakan Spotify masih masih berpikir keras mengenai strateginya di China.

"China sangat banyak memiliki missing link untuk Spotify," kata Mulligan dikutip dari BBC, Senin (11/12/2017).

"Seiring kemajuannya dalam daftar publik, itu benar-benar sebuah kotak yang perlu dicentang untuk meyakinkan investor bahwa itu benar-benar pemain global," imbuhnya.

Sementara itu Tencent Music Entertainment memiliki anak perusahaan QQ Music dan KuGou. Basis pengguna dari perusahaan tersebut adalah 450 juta. Dengan adanya kerja sama ini, Mulligan mengatakan bakal mengurangi beban Spotify saat berbisnis di China yang memiliki kerumitan.

Baca juga: Bos Apple Music: Spotify Tak Ada Apa-Apanya Ketimbang Amazon dan Google

Selain itu, berinvestasi di Tencent juga bisa menjadi cadangan amunisi Spotify jika saja mereka mengalami goyah. Ini karena Spotify hanya memiliki satu fokus usaha yakni layanan streaming musik.

"Ini adalah dasar untuk rencana darurat B jika bisnis inti mereka mulai menurun," demikian diungkap Mulligan.

Semetara itu pendiri Spotify Daniel EK mengatakan "Spotify and Tencent Music Entertainment melihat peluang signifikan di pasar streaming musik global untuk semua pengguna, artis, musik dan mitra bisnis kami. Transaksi ini akan memungkinkan kedua perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan global streaming musik."​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini