Sambut Harbolnas 2017, Nih Persiapan yang Harus Diperhatikan

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017, 22:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 11 207 1828800 sambut-harbolnas-2017-nih-persiapan-yang-harus-diperhatikan-oT8bw5DA2R.jpg (Foto: The Next Web)

JAKARTA - Hari belanja online nasional atau Harbolnas 2017 akan diselenggarakan pada 12 Desember 2017 esok. Beragam barang dijual di toko online dengan harga yang miring. Namun agar tak kesulitan mencari informasi seputar merchant atau barang yang dijual, beberapa hal berikut ini patut Anda perhatikan.

Persiapan

Ibarat menghadapi ujian atau lomba cerdas cermat, Anda harus mendapatkan “kisi-kisi” apa saja yang perlu dilakukan sebelum belanja online di tanggal 12 Desember nanti. Kisi-kisi belanja online tersebut akan memudahkan Anda saat bertransaksi di hari-H.

Oleh karena itu, berlanggan newsletter dan membuat daftar belanjaan menjadi bakal menjadi panduan Anda berbelanja saat Harbolnas tiba. Anda juga bisa memberikan tanda bookmark bagi halaman toko online yang akan dipilih. Selain itu catat beragam keperluan Anda yang berada di toko online tersebut agar tak terlewatakn saat memasuki toko online.

Baca juga: Rangkuman Promo Harbolnas 2017 di 254 E-Commerce 

Pertempuran saat Hari-H

Setelah melakukan persiapan dengan beragam catatan, Anda juga memerlukan strategi agar tak salah arah ketika berbelanja. Berikut ini beberapa strategi bisa dilakukan.

Pertama, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat. Hal ini berguna untuk kenyamanan saat berbelanja. Koneksi internet yang stabil juga bisa menghemat waktu agar Anda bisa melihat-melihat ke beragam toko online.

Kedua, cek flash sale setiap toko online. Setiap toko e-commerce memiliki beragam diskon dan penawaran yang berbeda-beda. Anda tentunya telah menandai setiap toko online yang akan dituju sebelumnya. Nah, kali ini buka bookmark tersebut dan pilihlah beragam harga yang paling menarik untuk dibeli.

Ketiga, selalu cek review dan rating toko online. Agar aman saat berbelanja, Anda sebaiknya lebih dahulu mengetahui reputasi toko online yang dituju. Toko dengan reputasi yang baik biasanya memberikan pelayanan sebaik mungkin. Terlebih lagi bisa saja ada toko dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melakukan penipuan.

Keempat, pilih jasa pengiriman paling murah. Ini ditujukan untuk menekan biaya pengeluaran usai berbelanja. Terlebih lagi jika Anda membeli barang-barang yang berada di luar pulau. Toko online seperti Bukalapa dan Tokopedia memungkinkan Anda untuk memilih setiap jasa pengiriman beserta besaran ongkosnya.

Kelima, simpan bukti transaksi. Agar menghindari hal yang tak diinginkan, simpanlah bukti transaksi seperti resi transfer, dan histori percakapan hingga transaksi benar-benar selesai. Jika suatu saat terjadi masalah, hal ini bisa menjadi barang bukti.

Baca juga: Harbolnas 2017 Digelar Hanya 1 Hari, Yuk Cek Tanggalnya!

Setelah Belanja di Harbolnas

Agar belanja online aman dan tak ada masalah di kemudian hari, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Pertama, ketahui setiap kebijakan pengembalian barang. Ini dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi ketidaksesuaian dengan pesanan. Jangan sampai menyesal karena Anda kurang cermat dalam berbelanja.

Kedua, ketahui costumer service. Kini hampir semua toko online memiliki fitur Live Chat di mana Anda bisa melempar pertanyaan atau percakapan kapan saja. Jangan ragu untuk bertanya, mereka akan dengan senang hati mendengar keluhan Anda dan memberikan solusi yang tersedia.​

Tulisan ini bersumber dari iPrice Group dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia mengenai belanja online yang aman dan nyaman.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini