Internet Buat Desa Mandala Mekar Tak "Ndeso" Lagi, Kok Bisa?

Khafid Mardiyansyah, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017 22:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 11 54 1828811 internet-buat-desa-mandala-mekar-tak-ndeso-lagi-kok-bisa-ICQcWu0dET.jpg (Foto: Khafid Mardiansyah/Okezone)

TASIKMALAYA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjoyo bersama Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara meresmikan Desa Mandala Mekar, Kecamaran Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya sebagai Desa Broadband.

Program Desa Broadband sendiri ditujukan untuk pengembangan desa yang memanfaatkan ternologi informasi dan komunikasi. Dalam rancangan besarnya, Desa Broadband menargetkan terbentuknya 200 desa yang bersinergi dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Menkominfo Rudiantara sendiri menyebut bahwa program Desa Broadband bisa mengubah suatu desa tidak "ndeso" lagi.

"Mandala Mekar menjadi desa pertama yang tidak 'ndeso' karena sudah ada Internet," kata Rudiantara, saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Program Desa Broadband di Mandala Mekar, Minggu (10/20)

Rudiantara menjelaskan, program tersebut adalah hasil dari kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya warga setempat, penyedia layanan, dan relawan Teknologi dan Informasi (TIK) bersama pemerintah setempat dan pusat sehingga akses internet dapat dirasakan di Desa Mandala Mekar.

Karena pembangunan yang dilakukan pemerintah, kata Rudiantara, bukan hanya di kota-kota besar, namun juga di desa-desa demi mengatasi masalah ketimpangan di Indonesia.

Rudiantara berharap dengan adanya akses internet, Desa Mandala terus termotivasi untuk memajukan desa, juga dapat sebagai contoh desa lainnya di Indonesia.

Selain itu, Rudiantara juga menganjurkan warga desa untuk menggunakan internet sebaik-baiknya serta tidak ikut serta menyebarluaskan informasi yang tidak benar dan menganjurkan kebencian.

"Karena sudah ada Undang-undangnya, jangan sampai ada yang dihukum karena ketidaktahuan. Sebarlah kebaikan dan kebenaran, semoga berkah" tutup Rudiantara.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tasikmalaya, Dirjen TIK, Staf Khusus Kepresidenan, dan para Kepala Desa Kecamatan Jatiwaras. Kemudian acara ditutup dengan penandatangan sertifikat dan pemukulan gong oleh Mendes dan Menkominfo.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini