nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Huawei Mate 10 Ternyata Simpan Fitur Mirip Samsung Dex

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 11 57 1828677 huawei-mate-10-ternyata-simpan-fitur-mirip-samsung-dex-jfIXYdEbgS.jpg (Foto: XDA Developer)

JAKARTA - Huawei telah memperkenalkan smartphone andalan terbarunya pada Oktober lalu. Smartphone yang memiliki nama Mate 10 tersebut dirilis bersamaan dengan seri lainnya yakni Mate 10 Pro.

Huawei Mate 10 ditenagai oleh prosesor yang memiliki kecerdasan buatan yakni Kirin 970. Itu adalah prosesor bikinan Huawei sendiri seperti Samsung memproduksi SoC Exynos.​ Bukan itu saja, Huawei Mate 10 ternyata menyimpan fitur lain.

Fitur yang dinamakan Easy Projection disebut-sebut mirip dengan Samsung Dex pada Galaxy S8. Cara kerjanya yakni dengan menampilkan antarmuka ala desktop tanpa memerlukan aksesori tambahan.

Baca juga: Ambisi Huawei Mate 10 Pro Ungguli iPhone 8 dan Note 8, Nih Caranya!

Huawei dikatakan mendorong fitur tersebut untuk lini smartphone unggulannya. Perusahaan di balik fitur Easy Projection adalah Beijing Chaozhuo Technology yang merupakan pengembang Phoenix OS.

Diungkap oleh XDA Developer dan dihimpun Okezone, Senin (11/12/2017), Phoneix OS adalah sistem operasi berbasis Android untuk perangkat komputer. OS tersebut berjalan dengan platform x86 meskipun juga menawarkan ROM khusus untuk beberapa perangkat ARM.

Implementasi Phoenix OS dikatakan mirip dengan Maru OS yang merupakan proyek sumber terbuka. Tapi sayangnya, OS itu tak banyak peminatnya.

Baca juga: Huawei Mate 10 Pro Siap Hadang iPhone 8, Mana Kebih Kuat?

Menariknya, Huawei tak menyebutkan secara resmi adanya kerja sama dengan Beijing Chaozhuo Technology soal penerapan Easy Projection di peluncuran Mate 10. Oleh karena itu bagaimana fitur ini bekerja dan seperti apa kemampuannya masih belum terungkap.

"Menggali informasi melalui APK di balik fitur Easy Projection (HwPCExplorer dan HwPCSystemUI), membuat saya menemukan beberapa referensi tentang Phoenix OS," ujar pengguna dengan akun Mishaal Rahman.

"Sebagai permulaan, logo Phoenix OS disematkan di folder sumber daya APK. Tapi bukti yang paling jelas adalah dua link langsung yang mengarah langsung ke situs web untuk Phoenix OS," imbuhnya saat memberikan penjelasan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini