Ternyata Lebah Bumblebee Mampu Pecahkan Matematika Klasik saat Mencari Makan

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 08:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 12 56 1829404 ternyata-lebah-bumblebee-mampu-pecahkan-matematika-klasik-saat-mencari-makan-Sb5onYQpyF.jpg Ilustrasi lebah (Foto: PA)

JAKARTA - Menurut sebuah penelitian, lebah bumblebee mampu memecahkan matematika klasik saat mereka sedang mencari serbuk sari dan nektar. Sebuah komputer sains melontarkan pertanyaan "Dengan melihat daftar kota dan jarak di antara masing-masing kota, rute terpendek manakah untuk mengunjungi setiap kota dan kembali ke kota asal?"

Inilah teka-teki untuk para lebah yang dilepaskan di serangkaian stasiun makanan bunga buatan di institut Penelitian Rothamsted di Harpenden, Hertfordshire. Para ilmuwan mencoba mengelabui lebah dengan menawarkan jalan pintas antara masing-masing bunga yang meningkatkan total jarak tempuh mereka.

Awalnya, lebah-lebah itu terkelabui, mereka memilih rute pendek, tapi berakhir dengan perjalanan yang lebih panjang dan melelahkan saat mereka singgah di setiap bunga. Namun, secara bertahap lebah tersebut memperbaiki jalur penerbangan mereka dan menemukan solusi yang paling efektif.

Baca juga: Tak Hanya Manusia, Hewan Juga Mampu Berhitung

Alih-alih mengambil jalan pintas, mereka mengubah urutan persinggahan mereka pada bunga, untuk mengurangi jarak tempuh, dilansir dari BT.com, Rabu (13/12/2017).

"Kami menguji para lebah dengan jalan pintas di antara stasiun makanan yang akan meningkatkan jarak tempuh total menuju makanan. Kemudian, kami melihat mereka terbang di jalur yang berbeda dan mengembangkan rute tetap," kata Peneliti utama, Dr Joe Woodgate, dari Queen Mary University of London.

Tim tersebut meneliti enam lebah yang melakukan 201 penerbangan, menggunakan jenis radar yang mampu mengidentifikasi refleksi khusus dari transponder kecil yang menempel pada serangga.

"Kami melacak setiap penerbangan lebah saat mereka mempelajari rangkaian umpan tersebut, dengan radar yang memberi tahu posisi lebah setiap tiga detik, dengan akurasi dua meter,” tutur Woodgate.

Baca juga: Berapa Lama Manusia Mampu Bertahan Tanpa Air?

Hewan tidak dapat mengamati peta untuk mencari tahu lokasi sumber makanan terbaik atau merencanakan bagaimana untuk mencapainya. Sebagai gantinya, mereka harus menjelajahi dan menemukan lokasi satu per satu.

‘Peta panas’ animasi pada trek radar menunjukkan bagaimana lebah mengambil jalur penerbangan baru dan melupakan jalan lain. Temuan tersebut, yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, dapat membantu pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) serta robot canggih.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini