Waspadai 4 Malware Ini di 2018

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017, 11:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 13 207 1829581 waspadai-4-malware-ini-di-2018-OBPdc6NDu8.jpg Ilustrasi Malware (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kejahatan dunia maya setiap tahun semakin canggih. Di 2018, sejumlah serangan siber tetap akan terjadi bahkan memerlukan penanganganan khusus.

Dikutip antara, Direktur Sistem Teknik Symantec Malaysia dan Indonesia, David Rajoo dan Country Manager Symantec Indonesia Andris Masengi membeberkan serangan siber yang mungkin akan terjadi di 2018. Dampaknya akan lebih besar karena peretasan kali ini menyalahgunakan fungsi kecerdasan buatan.

Berikut prediksi Symantec untuk serangan siber pada 2018, Rabu (13/12/2017):

1. Malware file-less

Symantec melihat pertumbuhan malware file-less dan file-light tumbuh pada 2016 dan 2017. Malware ini bukan berupa berkas, namun, perintah (command) sehingga bentuknya tidak terlihat.

2. Serangan lewat IoT

Peralatan yang terhubung dengan internet, lazim disebut internet of things (IoT) seperti televisi, pengeras suara yang berada di rumah berisiko disusupi peretas. Pengguna IoT sering tidak mengubah setelan keamanan padahal alat tersebut memiliki akses ke jaringan di rumah. Hacker dapat mengelabui sistem di alat tersebut sehingga IoT akan menuruti perintah mereka.

3. Serangan di blockchain

Seiring popularitas mata uang virtual atau cryptocurrency, peretas semakin melirik blockchain. Penjahat siber fokus pada pertukaran koin dan dompet koin (coin wallet), memanfaatkan komputer atau perangkat seluler korban sebagai "miner".

4. Serangan yang memanfaatkan AI dan machine learning

Kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning dimanfaatkan untuk perlindungan keamanan siber. Tapi, penjahat siber diperkirakan mulai mengubahnya untuk melancarkan serangan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini