Google Ungkap Keyword yang Paling Dicari Netizen Selama 2017

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017, 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 14 207 1830413 google-ungkap-keyword-yang-paling-dicari-netizen-selama-2017-VBPFvSUyXK.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Beragam peristiwa dan hal lain muncul selama 2017 ini. Menjelang pergantian tahun, layanan mesin telusur Google mengumumkan beberapa pencarian yang paling banyak diburu oleh netizen di Indonesia.

Bertajuk Year in Search 2017, Google mengumumkan sejumlah kata kunci yang populer selama setahun ini. Kata kunci terpopuler dikumpulkan berdasarkan pencarian dalam rentang waktu Januari hingga Desember 2017.

Pertama, "Surat Cinta untuk Starla" menempati posisi puncak pencarian terpopuler Google tahun ini. Puncak pencarian untuk query ini terjadi pada April 2017 dengan sebaran meliputi Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Kalimantan.

Baca juga: Google Bangun Pusat Riset Teknologi AI di China, untuk Apa?

Kedua, ada film "Pengabdi Setan" yang belakangan ini ramai diperbincangkan di media sosial. Film bergenre horor tersebut banyak dicari oleh netizen Indonesia yang berada di D.I Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Banten, Gorontalo, Sulawesi Tenggara.

Pencarian dengan kata kunci "Pengabdi Setan" banyak ditelusuri pada pada 8 hingga 14 Oktober 2017. Film ini sendiri dirilis pada 28 September 2017 dan disutradarai oleh Joko Anwar.

Baca juga: Hasil Pencarian Google Kini Tampilkan Video Selebriti

Kemudian, Setya Novanto menempati posisi ketiga dalam daftar tersebut. Politisi yang telah menjadi terdakwa kasus korupsi e-KTP ini banyak dicari netizen pada medio September 2017. Saat itu Novanto diketahui mengalami kecelakaan saat dalam perjalan dalam mobil Toyota Fortuner yang menabrak tiang listrik di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Selain ketiga kata kunci di atas, masih ada tujuh kata kunci lainnya yang terungkap dalam daftar Penelusuran Terpopuler 2017. Berikut ini daftar lengkapnya yang bersumber dari halaman Google Trends Indonesia.

​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini