5 Fenomena Alam Terheboh Sepanjang 2017

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017 12:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 15 56 1831164 5-fenomena-alam-terheboh-sepanjang-2017-913BNT6soF.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA – Fenomena alam memang secara alamiah terjadi. Bahkan beberapa fenomena alam memiliki jadwal tersendiri sehingga manusia bisa memprediksinya.

Sepanjang tahun 2017 ini juga terjadi berbagai fenomena alam yang menarik perhatian dunia. Tak hanya fenomena yang dinikmati oleh penduduk di berbagai belahan dunia, beberapa fenomena juga tercatat memakan banyak korban.

Berikut fenomena alam yang terjadi di 2017, sebagaimana dirangkum Okezone.

Gerhana Matahari Cincin

Akhir Februari 2017 fenomena gerhana matahari cincin terjadi di belahan bumi Afrika. Gerhana matahari cincin ini untuk pertama kalinya disaksikan oleh penduduk Cile dan Argentina. Kemudian menyusuri samudera Atlantik Selatan dan menuju ke Afrika.

Fenomena yang digemari oleh para fotografer ini mengawali gerhana matahari yang terjadi pada 2017.

Proses terjadinya gerhana matahari cincin sama dengan gerhana matahari total yakni saat posisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam satu garis lurus. Hal tersebut akan membuat Matahari tertutup oleh Bulan karena posisi Bulan yang menutupi Bumi, sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

Gerhana Bulan Penumbra

Fenomena ini tepatnya terjadi pada 11 Februari 2017. Gerhana bulan Penumbra bahkan disaksikan oleh masyrakat di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Fenomena ini terjadi ketika Bulan tertutup bayangan terluar Bumi. Namun sifatnya yang hampir tak kasat mata, membuat fenomena ini hanya bisa diamati lewat lensa teropong.

Gerhana Matahari Total

Fenomena ini banyak menarik perhatian banyak orang untuk menyaksikannya. Di tahun 2017 sendiri gerhana matahari total menjadi pemandangan menarik dilangit Amerika Serikat pada 21 Agustus lalu.

Peristiwa terjadinya gerhana matahari total ini melewati 50 negara bagian yang ada di Amerika Serikat. Gerhana totalnya sendiri hanya bisa disaksikan di 14 negara bagian di Amerika Serikat.

Banyak masyarakat berbondong-bondong menyaksikan gerhana matahari total dengan menggunakan kacamata pelindung. Berdasarkan polling yang dilakukan NASA, sekira 4,4 juta menyaksikan fenomena ini di AS.

Supermoon

Fenomena yang terbilang cantik ini terjadi pada 3-4 Desember 2017. Fenomena supermoon terjadi ketika bulan telah mencapai titik terdekatnya dengan bumi, yang dikenal sebagai bulan perigee. Bulan mengelilingi Bumi dalam orbit elips atau oval, ketika Bulan mengalami fase purnama, maka terjadilah supermoon.

Fenomena supermoon yang terlihat pada 3 dan 4 Desember 2017, menjadi kesempatan terakhir di 2017 ini, sekaligus menutup tahun dengan keindahannya.

Menurut peneliti Bulan dalam fenomena supermoon tampak sekira 7% persen lebih besar, dan 15% lebih terang cahayanya, meski perbedaannya tidak terlalu tampak oleh mata manusia.

Menariknya pemandangan ini membuat banyak penduduk di berbagai negara mengabadikan Supermoon. Fenomena ini juga diperkirakan akan kembali terjadi pada 2 dan 31 Januari 2018.

Badai

Lain halnya dengan fenomena alam di atas, fenomena ini cukup membuat masyarakat khawatir. Badai Harvey menjadi badai pembuka yang terjadi pada akhir Agustus di Texas dan Lousiana, AS. Akibat badai Harvey setidaknya 38 orang tewas dan ribuan warga lainnya mengungsi.

Menyusul kemudian Badai Irma yang melanda Florida, AS pada 11 September. Badai Irma sedikitnya telah menewaskan 33 orang di Florida dan menewaskan 8 orang di Georgia.

Masih di bulan September, Badai Jose terjadi sejumlah wilayah di Karibia. Badai Maria juga terjadi, menutup bulan September dan memporak-porandakan Kepulauan Karibia, Dominika dan Puerto Rico. (lnm)

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini