Share

Apple Watch Selamatkan Nyawa Pria Ini dari Serangan Jantung

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 207 1831946 apple-watch-selamatkan-nyawa-pria-ini-dari-serangan-jantung-gi1H924ab3.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Pria bernama Scott Killian harus berterima kasih kepada perangkat Apple Watch yang ia kenakan. Melalui perangkat tersebut, ia bisa terhindar dari serangan jantung yang mematikan.

Scott yang merupakan seorang pengacara, memiliki tingkat stress yang cukup tinggi dengan pekerjaannya. Menginjak usia 50 tahun, ia melakukan serangkaian tes medis untuk mengetahui seputar kesehatannya dalam beberapa beberapa bulan terakhir.

Scott juga diketahui mengenakan jam tangan pintar Apple Watch ketika sedang tidur. Kebiasaan itu telah dilakukannya selama 3 sampai 4 hari dengan tujuan untuk memantau pola tidur.

Baca juga: Apple Setop Terima Aplikasi untuk watchOS 1, Kenapa?

Pada suatu malam, Apple Watch membangunkan Scott sekitar pukul 01.00. Perangkat itu mengirimkan tanda peringatan dari aplikasi pihak ketiga bernama HeartWatch. Aplikasi tersebut digunakan untuk melacak detak jantungnya saat tertidur.

Dikutip dari 9to5Mac, Senin (18/12/2017), Apple Watch yang ia kenakan memberikan informasi bahwa detak jantungnya mencapai 121 denyutan per menit. Padahal rata-rata dalam kesehariannya, detak jantung Scott sebatas 49 denuyutan per menit.

Itu adalah pertama kalinya, detak jantung Scott mencapai angka tertinggi sejak ia mengenakan Apple Watch. Khawatir dengan kondisi tubuhnya, ia lantas mengunjungi rumah sakit untuk memeriksa kesehatannya.

Baca juga: Jam Tangan Pintar Selamatkan Pria dari Lautan Penuh Hiu, Kok Bisa?

Di rumah sakit, Scott dihubungkan ke mesin EKG dan dinyatakan normal. Namun Apple Watch masih menunjukkan detak jantung yang tinggi. Akhirnya pihak rumah sakit melakukan cek darah.

Setelah melalui proses detail, diketahui bahwa terdapat enzim tinggi yang menandakkan ada atau sedang terjadi serangan jantung. Pengujian lebih lanjut mengungkapkan empat arteri yang tersumbat yang mengharuskan penyisipan empat stent.

"Saya selalu memakai jam tangan Swiss yang bagus dan satu-satunya alasan saya beralih ke Apple Watch adalah karena alarm dan timer yang membuat saya tetap bertugas dalam pekerjaan. Hal itu benar-benar menyelamatkan hidupku. Saya pikir setiap pria berusia 50 tahun harus memakai salah satu dari barang-barang ini," ungkap Scott.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini