Dua Kali Ganti iPhone X, Face ID Masih Bisa Dibobol

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 57 1831949 dua-kali-ganti-iphone-x-face-id-masih-bisa-dibobol-bWy27aJbUe.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Selain software iOS 11 yang tak stabil, pengguna iPhone X juga mendapati masalah lain pada sistem keamanan Face ID. Pasalnya, teknologi pemindai wajah tersebut kini menjadi sorotan setelah beberapa kali kecolongan mengamankan perangkat.

Informasi terbaru datang dari Negeri Ginseng, China. Seorang wanita bernama Yan menceritakan kisahnya bersama Face ID iPhone X. Saat itu Yan baru saja membeli iPhone X dan mengatur pengaman Face ID.

Langkah itu ia lakukan demi menjawab rasa penasaran, apakah rekan kerjanya bisa membuka iPhone X miliknya setiap saat. Ternyata pemindai wajah Face ID bisa dibuka oleh rekannya.

Baca juga: Lagi! Face ID iPhone X Mampu 'Dibobol' Bocah 10 Tahun

Mengutip dari Phone Arena, Senin (18/12/2017), mengetahui kejadian tersebut ia kemudian membawa iPhone X tersebut bersama rekannya ke Apple Store. Mereka mendemonstrasikan apa yang mereka temukan dengan Face ID kepada pihak Apple.

Setelah mendapatkan pembuktian bahwa Face ID iPhone X miliknya bisa dibobol rekannya, kesimpulan penyebabnya dikatakan berasal dari malfungsi TrueDepth Camera.

Pihak Apple Store kemudian memberikan dana pengganti kepada Yan dan langsung ia belikan untuk membeli iPhone X kedua. Sialnya, iPhone X pengganti tersebut juga bernasib yang sama seperti iPhone X pertamanya. Face ID masih bisa dibuka oleh rekannya.

Baca juga: Lagi, Face ID iPhone X Sukses Dibobol Peretas dengan Modal Topeng, Kok Bisa?

Ia melaporkan kembali kejadian keduanya ke Apple Store tempat ia membeli iPhone X tadi. Ia pun mendapatkan dana pengganti kedua. Namun sayangnya, tak diketahui apakah ia masih berniat membeli iPhone X atau berpindah ke merek lain.

Kejadian bobolnya Face ID iPhone X tak hanya terjadi kali ini saja. Pada November lalu, seorang anak berusia 10 tahun berhasil membuka Face ID iPhone X milik ibunya.

Masih di bulan yang sama, seorang peneliti keamanan di Vietnam melakukan percobaan dengan menggunakan topeng. Jadi, hanya dengan menggunakan topeng tiruan iPhone X yang diuji coba mampu dibukanya dengan melewati keamanan pemindaian wajah.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini