Menanti Kematian OS BlackBerry hingga 2019, Bagaimana Nasib Pengguna?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 19 207 1832766 menanti-kematian-os-blackberry-hingga-2019-bagaimana-nasib-pengguna-huOju5ELCM.jpg (Foto: Internet)

JAKARTA - BlackBerry mengumumkan bahwa mereka bakal menutup layanan sistem operasi BlackBerry 10 dan OS lawasnya. Dihentikannya dukungan tersebut bakal berlangsung dalam dua tahun ke depan atau 2019.

Lantas bagaimana dengan pengguna BlackBerry selanjutnya? Dalam halaman resminya, pihak perusahaan menawarkan smartphone buatannya, KeyOne dan Motion, yang menggunakan sistem operasi Android.

"Atas apresiasi dan rasa syukur kami, kami bekerja sama dengan mitra kami di BlackBerry Mobile untuk menawarkan program pembelian yang akan memberi Anda diskon dan insentif yang signifikan untuk meningkatkan perangkat BlackBerry Anda ke BlackBerry KeyOne atau Motion baru, keduanya merupakan smartphone Android paling aman di dunia," kata BlackBerry.

Baca juga: BlackBerry Priv Tak Lagi Dapat Dukungan Update, Kenapa?

Dengan dihentikannya sistem operasi BB10 dan versi lawasnya, BlackBerry juga menutup beberapa layanannya seperti BlackBerry World (2019), halaman BlackBerry Travel (2018), dan layanan video call Playbook (2018).

BlackBerry membuat perangkat terakhir yang menggunakan BB10 pada 2015 lalu. Sejak saat itu perusahaan asal Kanda ini membuat smartphone bersistem operasi Android.

Sementara itu disebutkan sebelumnya, bahwa BlackBerry telah mengumumkan bakal fokus ke bisnis software dibandingkan hardware.

Baca juga: BlackBerry Bayar Denda Rp1,8 Triliun ke Nokia, Ada Apa?

BlackBerry telah memberikan lisensi smartphone kepada perusahaan lain. Di Indonesia, BlackBerry membuat perusahaan baru bernama PT BB Merah Putih untuk memasarkan ponselnya di Tanah Air. Selain itu BlackBerry juga diketahui menjual lisensinya kepada TCL.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini