Speaker Amazon Kalahkan Penjualan Google Home, Kok Bisa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 19 207 1832886 speaker-amazon-kalahkan-penjualan-google-home-kok-bisa-yQMOMOwSfW.jpg (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Bisnis speaker pintar saat ini mulai banyak dilirik oleh produsen elektronik seperti Samsung, Apple, bahkan kabarnya Xiaomi dan Alibaba. Sementara itu, Google Home dan Amazon Echo adalah dua pemain yang telah lebih dulu ada.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Research Partners, bisnis speaker pintar yang ada sana ini, dikuasai oleh Amzon Echo. Jumlahnya dilaporkan tiga kali lipat dari penjualan Google Home.

Laporan tersebut mengklaim bahwa pada bulan September 2017, Google telah mengirimkan 7 juta perangkat Google Home, versus Amazon yang mengirim sekitar 20 juta unit Echo, demikian dikutip dari Ubergizmo, Selasa (19/12/2017).

Baca juga: Speaker Pintar Samsung Saingi Amazon dan Apple di 2018

Meski demikian, perhitungan jumlah penjualan speaker pintar masih belum termasuk dalam perayaan Black Friday. Hasilnya kemungkinan bakal berbeda dari yang dirilis oleh Research Partners.

Pada 2018 mendatang, persaingan speaker pintar bakal semakin ketat. Samsung yang memiliki speaker bertenaga Bixby diperkirakan akan tiba di tahun 2018.

Baca juga: Apple Tunda Jadwal Rilis HomePod, Ada Apa?

Apple juga diperkirakan bakal memiliki HomePod yang mereka rencanakan bakal dirilis pada tahun 2018.

Terbaru, Sony juga mengungkap speaker pintar dengan nomor model LF-S50G. Sepaker pintar tersebut ditenagai oleh Google Assistant yang sempat disinyalir bakal hadir di perangkat lain selain Google Home.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini