nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Produk BlackBerry yang Terancam 'Punah'

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 18:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 19 207 1832904 5-produk-blackberry-yang-terancam-punah-ZkwQoYjhWo.jpg (Foto: Mashable)

WATERLOO – BlackBerry sempat merajai industri ponsel pintar di masanya. Sayangnya perusahaan tak melakukan inovasi yang mampu mempertahankan pengguna hingga mereka beralih ke Android.

Akibatnya kejayaan BlackBerry kian menyusut dari tahun ke tahun. Kini perusahaan pun memutuskan untuk tak berfokus pada hardware, dan menyerahkan divisi smartphone-nya pada TCL.

Tergerusnya BlackBerry oleh Android dan iOS memang patut disayangkan, pasalnya OS besutannya menjanjikan keamanan yang andal. Namun kecanggihan dan kemudahan fitur OS lain mampu memikat pengguna untuk beralih.

Beragam cara telah ditempuh BlackBerry untuk mengembalikan kejayaannya termasuk dengan memproduksi smartphone ber-OS Android. Peralihan ini rupanya berdampak besar pada beberapa produknya yang lain.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 produk BlackBerry yang terancam punah.

BlackBerry World

Gebrakan BlackBerry yang mengejutkan publik nampaknya belum usai. Baru-baru ini perusahaan asal Kanada tersebut mengumumkan untuk menutup toko aplikasinya bertajuk BlackBerry World.

Toko aplikasi resmi BlackBerry tersebut akan ditutup pada Desember 2019. Keputusan ini menjadikan toko aplikasi itu salah satu unit yang dikorbankan BlackBerry demi beralih ke Android sepenuhnya.

BlackBerry Priv

Peralihan BlackBerry ke Android tercatat terjadi pada 2015 saat perusahaan merilis BlackBerry Priv. Priv juga menjadi smartphone pertama BlackBerry yang menggunakan OS Android.

Penjualan yang terbilang kurang signifikan menjadi alasan BlackBerry tak akan lagi memberikan update untuk Priv saat ini hingga di masa mendatang. Sebagai gantinya, perusahaan melibatkan mitra untuk memberikan patch yang diperlukan oleh pengguna setia Priv.

BlackBerry juga menawarkan program tukar tambah bagi pengguna Priv yang ingin meng-upgrade perangkatnya ke KeyOne atau Motion.

BlackBerry Travel

BlackBerry Travel merupakan aplikasi yang akan membantu pengguna untuk merencanakan sebuah perjalanan atau wisata. Layaknya aplikasi travel lainnya, pengguna bisa memantau jadwal penerbangan, memesan hotel dan lainnya.

Sayangnya BlackBerry akan menutup aplikasi ini pada Fabruari 2018.

PlayBook

Layanan panggilan video PlayBook juga akan ditutup oleh BlackBerry. Layanan ini disematkan perusahaan untuk tablet besutannya yang juga mendukung aplikasi Android. Sayangnya layanan video untuk tablet tersebut akan ditutup pada Maret 2018 menyusul BlackBerry Travel.

BlackBerry 10

Sistem operasi BlackBerry 10 akan menjadi OS terakhir bagi perusahaan. Kepopulerannya yang tersalip Android dan iOS mengharuskannya mengakui kejayaan OS baru.

BlackBerry 10 sendiri memang masih akan bertahan dua tahun lagi atau pada 2019. Selanjutnya perusahaan tak akan lagi menggunakan dan mengembangkan OS BlackBerry pada 2019 dan menyokong smartphone-nya dengan OS Android seperti yang kini digunakan pada KeyOne dan Motion. (lnm).

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini