China Bakal Luncurkan 10 Satelit Mata-Mata, untuk Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 19 56 1833055 china-bakal-luncurkan-10-satelit-mata-mata-untuk-apa-c3ohjtDm1d.jpg (Foto: Getty Images)

BEIJING – China berencana untuk meluncurkan 10 satelit baru. Tujuannya, satelit tersebut akan menjadi mata-mata yang mengawasi selama 24 jam, tujuh hari seminggu di perairan China Selatan.

10 satelit tersebut akan dirilis tiga tahun mendatang. Tiga satelit diantaranya merupakan satelit optik, dua satelit hyperspectral, dan dua satelit SAR untuk menyelesaikan Program Constellation Satelit pada 2021.

Ketika selesai dirakit, jaringan satelit mata-mata itu akan membantu negara mengawasi laut China Selatan, bahkan menganalisis dengan rinci terkait setiap objek yang terdeteksi.

Pakar teknologi penginderaan jauh yang dikutip South China Morning Post mengatakan bahwa satelit itu akan membantu menambah dukungan untuk jaringan satelit yang telah ada di China. Satelit juga bisa digunakan oleh dinas militer setempat jika diperlukan.

Pakar keamanan maritim di Nanyang Technological University Singapura mengatakan bahwa masalah utama dan teknis yang mempengaruhi sistem satelit China saat ini. Alhasil masalah tersebut membatasi negara untuk mengawasi laut China Selatan.

Tak hanya itu, China juga berencana meluncurkan jam atom hidrogen pertamanya pada 2022, yang bertujuan untuk meningkatkan sistem satelit navigasi. Demikian seperti dilansir IB Times, Selasa (19/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini