Share

Ikuti Jejak Uber, Grab Ekspansi ke Kamboja

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 20 207 1833330 ikuti-jejak-uber-grab-ekspansi-ke-kamboja-VABwaEa2p6.jpg (Foto: Japan Times)

JAKARTA - Layanan transportasi online, Grab, mengumumkan perluasan bisnisnya ke negara lain di Asia Tenggara. Perusahaan asal Singapura itu membuka layanannya di negara Kamboja, setelah lebih dulu dilakukan oleh Uber.

Layanan Grab tersedia di ibu kota Kamboja, Phnom Penh, yang merupakan kota ke-156 di kawasan Asia Tenggara. Sementara itu Uber telah hadir di 60 kota di Asia Tenggara. Kucuran dan yang besar dari SoftBank kemungkinan bakal semakin memperluas bisnisnya.

"Asia Tenggara adalah rumah dan tujuan kami untuk memperbaiki kehidupan di sini," kata pendiri Grab Tan Hooi Ling, dikutip dari Reuters, Rabu (20/12/2017).

Baca juga: Perkuat Go-Pay di 2018, CEO Go-Jek: Kami Pasti Akan IPO

Grab menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Transportasi untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

Sun Chanthol, Menteri Transportasi Kamboja, mengatakan sejauh ini telah ada 500 pengemudi lokal yang telah terdaftar di Grab.

Sejauh ini, Grab mengatakan telah memiliki pangsa pasar 95% penggunaan taksi pihak ketiga di Asia Tenggara dan 72% dalam penggunaan kendaraan pribadi.

Baca juga: Go-Jek Rilis Layanan Pembayaran GO-BILLS, untuk Apa Saja?

Sementara itu rival Grab dari Indonesia, Go-Jek, diketahui telah bersiap untuk mengekspansi ke negara lain. Mengutip halaman Bloomberg, CEO sekaligus pendiri Go-Jek, Nadiem Makarim, mengatakan bakal menyediakan jasanya ke tiga atau empat negara di Asia Tenggara.

Meski demikian, Nadiem tak menyebut secara spesifik negara mana yang bakal menjadi targetnya. Ia hanya mengatakan bakal mengekspansi negara yang banyak penduduknya.

Selain Indonesia, tingkat populasi yang tinggi juga terdapat di negara Filipina, Vietnam, dan Thailand dengan kombinasi populasi mencapai 270 juta jiwa.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini