Wifi Starbucks Dibajak untuk Menambang Bitcoin

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 21 207 1833810 wifi-starbucks-dibajak-untuk-menambang-bitcoin-qR2Xie0Xqi.jpg (Foto: The Hack Today)

JAKARTA - Jaringan wifi umum memang bisa membantu untuk menghemat kuota data harian. Meski demikian, di balik manfaatnya itu, terdapat risiko yang tak pernah diketahui sebelumnya.

Seperti yang diungkap oleh CEO Stensul, yakni perusahaan pembuat e-mail korporat, bernama Noah Dinkin. Dalam kicauannya di media sosial Twitter, Dinkin menemukan keanehan pada jaringan wifi Starbucks.

Jadi, saat ia menghubungkan wifi di lokasi tersebut terdapat jeda sekitar 10 detik. Diduga laptop yang digunakan telah dibajak untuk digunakan sebagai penambang cryptocurrency Bitcoin.

Baca juga: 3 Hacker Termuda di Dunia, Ada yang Bobol Microsoft

Meski demikian, menurut Motherboard, jenis cryptocurrency yang ditambang berasal dari CoinHive dan hanya bekerja dengan Monero.

"Hai @Starbucks @StarbucksAr apakah Anda tahu bahwa wifi di gerai Anda di Buenos Aires memiliki jeda 10 detik saat pertama dihubungkan sehingga bisa digunakan untuk menambang bitcoin dengan laptop milik konsumen?" tulis Dinkin dikutip dari Ubergizmo, Kamis (21/12/2017).

Twit tersebut kemudian dibalas oleh Starbucks. Pihaknya telah mengetahui laporan tersebut dan memastikan penyedia layanan wifi memberika keamanan kepada pelanggannya.

Baca juga: Unik! Perusahaan di Jepang Gaji Karyawan dengan Bitcoin

"Begitu kami diberitahu situasi di toko khusus ini minggu lalu, kami melakukan tindakan cepat untuk memastikan penyedia layanan internet kami mengatasi masalah ini dan membuat perubahan yang diperlukan untuk memastikan pelanggan kami Bisa menggunakan Wi-Fi di toko kami dengan aman," ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa koneksi wifi di gerai Starbucks disediakan oleh pihak ketiga. Oleh karena itu pihaknya telah menghubungi penyedia wifi agar memperbaikinya.

‚Äč

(kem)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini