Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uber Angkat COO Baru, Siapa Dia?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 21 207 1834048 uber-angkat-coo-baru-siapa-dia-ecVseuDDGH.jpg (Foto: Bloombergquint)

JAKARTA - Setelah kosong selama beberapa waktu, posisi Chief Operating Officer (COO) di Uber akhirnya terisi oleh seorang pria. Sosok yang dimaksud adalah mantan CEO perusahaan travel online - Orbitz, bernama Barney Harford.

Sebagai COO baru Uber, Harford akan menangani operasional global dan pemasaran, serta tim dukungan konsumen.

"Dia (Harford) mampu menyelami lebih dalam aspek bisnis tanpa meninggalkan pandangan strategi besarnya," kata CEO Uber Dara Khosrowshahi, dikutip dari CNet, Kamis (21/12/2017).

Baca juga: Uber Gandeng BBM Demi Saingi Go-Jek dan Grab?

Harford telah bekerja di Uber sebagai peninjau sejak Oktober lalu. Kariernya dimulai dengan bekerja di Expedia pada 1999 dan bergabung dengan Orbitz pada 2009. Expedia kemudian mengakuisisi Orbitz pada 2015 senilai USD1,6 miliar dan Harford ditunjuk sebagai presiden di Asia Pasifik.

Harford akan mengawali karier barunya di Uber pada Januari 2018. Ia akan menjadi eksekutif kedua di perusahaan ride-hailing tersebut dan memberikan laporan pada mantan bosnya di Expedia, Dara Koshrowshahi.

Baca juga: Monika Rudijono Ditunjuk sebagai Presiden Uber Indonesia

"Saya tak pernah melihat operator setangguh atau memiliki strategi yang kuat selain Barney," lanjut Koshrowshahi.

"Dia memiliki ketertarikan pada bidang operasional, pemasaran, produk, dan tim teknisi dengan permasalahan pelik," lanjutnya.

Uber membuka lowongan sebagai COO pada Maret 2017. Saat itu Uber tengah diterpa masalah yang menyangkut pemimpin perusahaan, Travis Kalanick. Kehadiran COO saat itu diharapkan dapat menjadi pendamping Kalanick dalam mengatasi masalah yang menerpa Uber.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini