Frekuensi Radio pada Smartphone Membahayakan Tubuh, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 56 1834225 frekuensi-radio-pada-smartphone-membahayakan-tubuh-benarkah-qv2xJ6pO4W.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Smartphone kini menjadi perangkat yang selalu menemani manusia. Perangkat berukuran kecil itu bahkan hampir selalu digenggam dan dioperasikan oleh penggunanya.

Tak ayal jika smartphone hampir selalu berada didekat pengguna bahkan saat berbaring di tempat tidur. Namun tahukah Anda dekatnya posisi smartphone berdampak pada menurunnya kesehatan tubuh?

Para ilmuwan memang belum merinci seberapa parah paparan energi frekuensi radio yang dipancarkan dari telefon seluler. Namun pedoman dari Departemen Kesehatan Masyarakat California (CDPH) menunjukkan bahwa penggunaan yang sering dapat mempengaruhi kesehatan pengguna.

Jika Anda menggunakan ponsel secara terus menerus, Anda harus menguranginya.

"Meskipun sains masih terus berkembang, ada kekhawatiran dari beberapa pakar kesehatan masyarakat terkait penggunaan jangka panjang dan tinggi terhadap energi yang dipancarkan ponsel,” kata Direktur CDPH dan Petugas Kesehatan Masyarakat Negara, Dr. Karen Smith .

Menurutnya hal sederhana yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan tidak menyimpan ponsel di saku baju. Langkah lainnya dengan memindahkan ponsel dari tempat tidur di malam hari. Kedua langkah tersebut meski sederhana, dinilai mampu mengurangi paparan energi bagi anak-anak serta orang dewasa.

Smith secara khusus memperingatkan paparan energi ponsel terhadap anak-anak dan remaja yang kini sudah banyak dibekali ponsel. Demikian seperti dilansir BGR, Kamis (21/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini