nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apple Akui iPhone Lawas Dibuat 'Lemot', Ada Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 15:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 21 57 1833979 apple-akui-iphone-lawas-dibuat-lemot-ada-apa-2xtdyQO6UU.jpg (Foto: CNet)

CUPERTINO – Kinerja iPhone yang disebut melambat menjadi topik hangat belakangan ini. Pasalnya tak hanya sebuah rumor, penurunan performa smartphone besutan Apple itu juga dibuktikan oleh pengembang Geekbench.

Akhirnya kini Apple mengakui adanya masalah performa iPhone yang lemot. Dalam sebuah pernyataan, Apple mengatakan bahwa software yang diluncurkan perusahaan tahun lalu memang membuat ponsel pengguna melambat demi mengatasi masalah pada baterai lithium ion yang menua.

Seiring waktu, baterai tersebut akan mengalami masalah terlebih saat cuaca dingin. Baterai yang menua memang kerap membuat penurunan performa ponsel saat dioperasikan, seperti yang terjadi pada iPhone 6 dan iPhone 6S tahun lalu.

Prosesor yang tersemat pada kedua iPhone itu sendiri tetap dijaga untuk memiliki kecepatan yang cepat. Sayangnya, baterai ponsel tak mendukung untuk tujuan tersebut.

Sebagai gantinya, Apple menggulirkan solusi melalui pembaruan iOS 10.2.1 yang mencakup kemampuan memanajemen daya baterai agar lebih baik.

“Sistem operasi memperlambat perangkat Anda agar tidak terjadi kerusakan, namun hanya ketika suhu dingin, baterai berkapasitas rendah atau sangat lawas,” kata Apple.

Software yang tujuannya membantu namun memperlambat performa iPhone ini mulanya diaplikasikan pada iPhone 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus dan SE. iOS 11.2 juga kini diperluas untuk iPhone 7 dan 7 Plus dan akan diapliksikan untuk iPhone di tahun depan.

“Tujuan kami adalah memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, yang mencakup keseluruhan kinerja dan memperpanjang umur perangkat mereka. Baterai lithium-ion menjadi kurang mampu memasok permintaan arus puncak saat berada dalam kondisi dingin, memiliki daya baterai rendah atau seiring bertambahnya usia, yang dapat mengakibatkan perangkat secara tiba-tiba mati demi melindungi komponen elektroniknya," papar Apple.

Keluhan pengguna sendiri terkait performa iPhone telah muncul cukup lama. Mereka berdalih bahwa Apple sengaja membuat perangkat mereka melambat agar menggantinya dengan perangkat baru.

Namun Apple membantah hal tersebut karena iOS yang menyebabkan masalah itu ditujukan untuk memperbaiki daya baterai, bukan mendorong pengguna untuk meng-upgrade perangkatnya. Demikian seperti dilansir CNet, Kamis (21/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini