nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemindai Wajah Windows 10 Bisa Dibobol dengan Foto

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 15:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 22 207 1834411 pemindai-wajah-windows-10-bisa-dibobol-dengan-foto-cdwVZIkJ1C.jpg (Foto: Microsoft)

JAKARTA - Keamanan pemindaian wajah tampaknya masih belum secara maksimal bisa diandalkan. Beberapa kasus pembobolan pemindai wajah telah terjadi belakangan ini.

iPhone X misalnya, gagal mengunci layar dengan Face ID. Dalam beberapa kasus, pengamanan melalui wajah itu berhasil ditipu oleh topeng, anak kembar, dan juga wajah orang lain.

Tapi Apple tak sendiri. Baru-baru ini, pemindai wajah milik Microsoft, Windows Hello, juga mengalami nasib yang sama. Seorang peneliti keamanan asal Jerman, melakukan uji coba untuk mengetahui keamanan di sistem tersebut.

Baca juga: Microsoft Hapus Google Chrome Installer dari Windows Store, Ada Apa?

Peneliti itu menggunakan laptop Dell Latitude dan kamera USB LilBit saat melakukan uji cobanya. Selain itu ia juga menguji coba laptop Microsoft Surface 4 Pro yang menjalankan sistem operasi Windows 10.

Perangkat yang digunakan adalah yang belum melakukan pembaruan Fall Creators Update. Menurut peneliti yang tak disebut namanya itu, ia bisa membobol keamanan Windows Hello dengan menggunakan foto pemiliknya yang telah dicetak.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (22/12/2017), terbukanya keamanan di Windows Hello juga bisa dilakukan meski peneliti tersebut telah mengaktifkan fitur anti-spoofing di OS Windows 10.

Baca juga: Microsoft Umbar Paten Tablet Berlayar Ganda, Seperti Apa?

Untuk memblokir pembobolan itu, pengguna harus memastikan mereka telah melakukan pembaruan ke Fall Creator Update. Selain itu pengguna juga harus mengatur fitur anti-spoofing pada pemindaian wajah Windows Hello.

Microsoft masih belum memberikan komentarnya atas temuan tersebut. Namun karena perangkat notebook saat ini masih belum memiliki fitur anti-spoofing, mereka bisa mendapatkan kerentanan meski telah melakukan pembaruan software.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini