Ketimbang Apple Maps, Google Maps Diklaim Lebih Akurat

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 22 207 1834593 ketimbang-apple-maps-google-maps-diklaim-lebih-akurat-nPgHcCSuzV.jpg (Foto: Mobile Headlines)

JAKARTA - Kartografer Justin O'Beirne membuat perbandingan antara kualitas denah lokasi dari Apple Map dan Google Maps. Dari kedua aplikasi tersebut, Google Maps diketahui lebih akurat ketimbang Apple Maps.

Memang, Google Maps telah enam tahun lebih dahulu hadir sebagai layanan navigasi dan denah lokasi. Sementara itu Apple Maps masih terus melakukan peningkatan fitur dan memperkaya denah lokasi.

Dalam studinya, Justin menganalisa peta yang terdapat di kawasan Illionis, Amerika Serikat. Dari masing-masing peta, terlihat bahwa Google Maps tampak lebih detail dengan jalur-jalur sempit dan bangunan di sekelilingnya. Sementara Apple Maps terlihat lebih bersih dan hanya menampilkan jalur utama serta nama tempat itu sendiri.

Baca juga: Google Rilis Maps Versi Ringan di Play Store

Tampilan Apple Maps masih seperti Google Maps di era pertengahan 2016, di mana mereka tak menampilkan ilustrasi bangunan di denah lokasinya.

Google juga turut menampilkan tempat-tempat tertentu secara berbeda ketimbang Apple Maps. Misalnya saja, Google bakal menandai area hijau jika lokasi tersebut memiliki pepohonan atau rerumputan seperti taman kota. Untuk melihat perbedaanya Anda bisa melihatnya di sini.

Baca juga: Waze dan Google Maps Tak Membantu, Warga Palestina Gunakan Aplikasi Ini

Dalam menampilkan detail lokasi, Google Maps mengandalkan satelit pemancar citra dan mobil berkamera 360 derajat. Ini dilakukan agar denah lokasi bisa tampil seperti nyata. Fitur ini sendiri telah tersedia di layanan Street View.

Sementara itu, Apple menggunakan layanan pihak ketiga, TomTom. Mereka sepertinya mesti berusaha lebih keras agar bisa memiliki tampilan dan detail yang setara dengan Google Maps.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini