Di Balik Kemegahan Markas Baru Apple, Belasan Ribu Karyawan Tak Jelas Nasibnya

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017, 19:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 22 207 1834707 di-balik-kemegahan-markas-baru-apple-belasan-ribu-karyawan-tak-jelas-nasibnya-cQZQX0mGxu.jpg (Foto: Wired)

CUPERTINO Kampus ‘luar angkasa’ Apple atau Apple Park yang menghabiskan dana senilai USD5 miliar telah menyita banyak perhatian publik. Namun dibalik kemeriahan pembukaan kantor baru nan megah milik Apple tersebut banyak karyawan yang belum jelas nasibnya.

Banyak karyawan dilaporkan menghadapi kenyataan bahwa kantor baru Apple itu tak akan menampung semua karyawannya. Alhasil hal ini terus menjadi perbincangan internal karyawan Apple belakangan ini. Bahkan beberapa karyawan mengeluhkan keputusan raksasa teknologi tersebut.

Baca: 'Kampus Luar Angkasa' Apple Dikeluhkan Karyawan, Kok Bisa?

Kantor baru yang kabarnya disebut “Ring” itu berjarak sekira tiga mil dari markas besar Apple di Cupertino. Menurut Silicon Valley Business Journal, Apple kini memiliki 25.000 karyawan. Sementara itu, Apple mengatakan kampus raksasanya hanya akan menampung 12.000 karyawan. Artinya masih ada belasan ribu karyawan yang nasibnya tak jelas.

Sejauh ini Apple sendiri belum banyak membahas rencana untuk migrasi ke kantor baru. Hal ini tentu membuat para karyawan kebingungan.

Beberapa kelompok karyawan menyebut bahwa mereka mengerti akan dipindahkan dan tengah menunggu proses perpindahan. Sementara kelompok lainnya menduga bahwa mereka tidak akan dipindahkan ke “Ring” karena tak diberitahu rencana dan mendapat ajakan untuk pindah.

“Anda tidak diberitahu tentang apapun disini, kecuali jika Anda memang perlu untuk tahu, dan jika Anda tidak pindah, Anda tidak perlu mengetahuinya,” kata karyawan Apple kepada Business Insider.

Baca juga: Usai Bikin Markas Baru, Jony Ive Balik ke Singgasana di Apple

Karyawan yang mengetahui bahwa mereka akan dipindahkan tentu bersemangat merasakan fasilitas baru di kantor baru mereka. Disisi lain karyawan lainnya berduka karena dikecualikan, sebagaimana diceritakan sumber internal Apple.

Perusahaan yang dipimpin Tim Cook sendiri tidak merespon permintaan untuk berkomentar terkait perpindahan karyawannya itu. Demikian seperti dilansir Business Insider, Jumat (22/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini