Software Mobil Otonom Apple Terkuak, Seperti Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017, 22:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 22 207 1834834 software-mobil-otonom-apple-terkuak-seperti-apa-rUTVeRIIPq.jpg (Foto: Neowin)

CUPERTINO – Awal tahun ini CEO Apple, Tim Cook mengonfirmasi bahwa perusahaannya tengah bekerja dengan mobil otonom. Meski begitu, secara khusus Apple hanya akan mengembangkan software mobil otonom tersebut.

Kini paten baru yang diajukan Apple terkait teknologi itu telah muncul dan memamerkan mock-up dari antarmuka pengguna yang kemungkinan digunakan perusahaan dalam desain final.

Sebagian besar paten yang diajukan ke United States Patent and Trademark Office (USPTO) terdiri dari diagram teknis dan penjelasannya. Salah satu gambar menunjukkan bahwa sopir diberikan pilihan untuk ke memilih rute yang telah ditentukan.

Sementara itu gambar lainnya menunjukkan opsi untuk mengotomatisasi rute, dan gambar ketiganya mmeberikan pilihan untuk beralih ke rute alternatif.

USPTO menerbitkan paten itu pada 21 Desember. Apple sendiri mengajukan patennya pada 26 Mei, beberapa minggu sebelum Tim Cook mengkonfirmasi bahwa Apple tengah mengerjakan software mobil otonom.

“Kami fokus pada sistem otonom. Ini adalah teknologi inti yang kami anggap sanagat penting. Kami melihatnya seperti induk dari semua proyek AI. Ini mungkin salah satu proyek AI yang paling sulit dirancang,” kata Cook berbincang dengan Bloomberg terkait software mobil otonomnya.

Upaya Apple dalam ekosistem bidang otomotif ini disebabkan pandangan adanya gangguan di pasar tersebut pada tahun mendatang. Tiga tren utama yang dikatakan Tim Cook menjadi pandangan Apple yakni mobil otonom, mobil elektrik dan ride-sharing. Demikian seperti dilansir Neowin, Jumat (22/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini