Ternyata Jurnalis Jadi Target Besar Hacker Rusia sejak 2014

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 23 Desember 2017 15:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 23 207 1835041 ternyata-jurnalis-jadi-target-besar-hacker-rusia-sejak-2014-RXO6JL3ww1.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Sekelompok hacker bernama Fancy Bear yang dikaitkan dengan intelijen Rusia dituduh membocorkan email Konvensi Nasional Demokratik, distribusi malware yang melumpuhkan artileri Inggris hingga kasus lainnya di parlemen Jerman serta Prancis belum lama ini.

Tak hanya pemerintahan, kelompok hacker ini juga dilaporkan menargetkan para jurnalis.

Baca: Ternyata! Hacker Berhasil Bobol 3 Miliar Akun Yahoo!

Menurut laporan AP, para hacker menargetkan jurnalis Rusia, Ukraina, Moldova, Baltik dan Amerika sejak 2014. New York Times (NYT) dilaporkan menjadi target besar bagi kelompok hacker tersebut.

Perusahaan keamanan Cybersecurity Secureworks bahkan telah memperoleh daftar jurnalis yang ditargetkan oleh kelompok hacker itu mencakup di NYT.

Baca juga: Waspada! Android Paling Diincar Hacker

AP melaporkan bahwa setidaknya 200 reporter berada dalam bidikan Fancy Bears antara tahun 2014 dan beberapa bulan lalu. Salah satunya adalah anchor televisi Rusia Pavel Lobkov yang diretas hingga pesan Facebook pribadinya bocor ke publik. Begitu pula dengan email DNC yang bocor menjelang pemilihan AS 2016.

Kabar bahwa kelompok hacker itu terkait dengan intelijen Rusia dan menargetkan para jurnalis di beberapa negara dan Amerika Serikat (AS), semakin menambah laporan bahwa Rusia memiliki peran dalam pemilihan 2016 di AS. Namun Rusia kerap membantah atas hal yang dituduhkan padanya. Demikian seperti dilansir Engadget, Sabtu (23/12/2017). (lnm).

(kem)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini