Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Marlene Dietrich, Sosok Google Doodle Hari Ini

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 27 Desember 2017 11:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 27 207 1836234 mengenal-marlene-dietrich-sosok-google-doodle-hari-ini-cnUTmWPYW4.jpg (Foto: Google)

JAKARTA – Tampilan laman Google Search kembali menarik perhatian. Doodle dalam laman itu kini menampilkan sosok perempuan dengan busana bernuansa biru dilengkapi topi diatas rambutnya yang pirang. Siapakah sosok tersebut?

Marlene Dietrich adalah sosok dibalik Google Doodle hari ini. Ia dikenal dengan gayanya yang pemberani dan tak kenal rasa takut.

Perempuan itu lahir pada 27 Desember 1901 dengan nama lengkap Maria Magdalene Dietrich. Pada usianya yang ke-11 ia menggabungkan dua nama pertamanya menjadi Marlene.

Sejak usia dini, Marlene Dietrich telah menunjukkan ketertarikan dalam dunia musik dan teater. Ia juga mulai bekerja sebagai gadis paduan suara yang tampil di Berlin dan di sekitar Jerman saat ia masih kecil.

Rupanya kegemarannya itu membawa Marlene ke dunia hiburan hingga pada 1923 ia membuat debut filmnya - Little Napolean. Di tahun yang sama, ia juga bertemu dengan calon suaminya Rudolf Sieber.

Pada 1924, Marlene melahirkan anak tunggalnya – Maria Elisabeth. Perannya kemudian memuncak pada 1929 ketika ia menjadi Lola Lola - penyanyi kabaret di The Blue Angel.

Marlene selnajutnya pindah ke Amerika dimana ia membantu orang Yahudi dan orang-orang lain yang melarikan diri dari Nazi Jerman ketika perang dunia II dimulai.

Marlene Dietrich tampil untuk pasukan Sekutu di seluruh Eropa, kemudian kembali ke Jerman dan berkumpul bersama saudara perempuannya. Ia terus melakukan pekerjaannya, namun kesehatannya mulai memburuk pada 1975 hingga ia terjatuh dari panggung dan pahanya patah. Insiden ini turut menandai berakhirnya karir Marlene di dunia hiburan.

Tahun berikutnya sang suami – Rudolf meninggal karena kanker. Pada 6 Mei 1992, Marlene pun meninggal dunia karena gagal ginjal di Paris, pada usianya ke-90 tahun.

Pada saat itu, lebih dari 1.500 pelayat menghadiri pemakaman Marlene termasuk duta besar dari AS, Inggris, Rusia dan Prancis. Marlene Dietrich dimakamkan di Berlin, dekat dengan keluarganya. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini