Akses Video Streaming Meningkat, Trafik Data XL Naik 146%

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 27 Desember 2017, 20:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 27 54 1836536 akses-video-streaming-meningkat-trafik-data-xl-naik-146-fqZpwyRdKn.jpg (Foto: Digital Trends)

JAKARTA - Akses video streaming yang meningkat memungkinkan lonjakan trafik data operator. Hal ini yang dialami oleh salah satu penyedia layanan telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata).

Dalam keterangan resmi kepada Okezone, Rabu (27/12/2017), trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) Hari Raya Natal mengalami peningkatan, melebihi trafik di hari biasa. Peningkatan trafik data terlihat terjadi di sepanjang 3 hari sebelum Natal, 25 Desember 2017, hingga 2 hari setelahnya.

Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat lebih dari 5% dari hari-hari biasa dan paling tinggi kenaikannya adalah di 25 Desember 2017 dengan kenaikan yaitu 9%.

Baca juga: Bangun Serat Optik Sepanjang 4.600 KM, XL Hindari Ketergantungan dengan Singapura

Sementara dibandingkan dengan periode Natal tahun lalu, trafik layanan data meningkat sebesar 146%. Akses ke layanan data dan video streaming menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut.

“Dari pemantauan kami, puncak kenaikan trafik data terjadi sejak malam Natal dan sehari setelahnya. Pelanggan terlihat melakukan akses ke media sosial secara lebih intens," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya.

Ia mengatakan, layanan video call saat ini memungkinkan dilakukan dengan kualitas yang lebih baik di lebih banyak daerah karena semakin luas jaringan internet cepat 4G LTE XL Axiata.

Baca juga: Jaringan XL Axiata Bermasalah, Netizen: Kenapa Sinyal XL Hilang Terus

Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik sebesar 15%.

Dari ragam media sosial itu, mereka juga mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, bahkan juga melakukan belanja.

Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini