Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Burung Hantu Bisa Putar Kepala 270 Derajat, Ini Rahasianya

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 28 56 1836968 burung-hantu-bisa-putar-kepala-270-derajat-ini-rahasianya-YYbtAFbG1m.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Burung hantu adalah makhluk nokturnal yang terkenal dengan matanya yang besar dan kemampuannya memutar kepala hingga 270 derajat. Para ilmuwan telah memahami bagaimana kepala burung hantu dapat berputar sedemikian rupa tanpa menyebabkan kerusakan fisik yang serius.

Dalam sebuah penelitian menemukan, kombinasi struktur tulang yang unik dan sistem vaskular yang sangat berkembang memberikan mobilitas ekstra pada burung hantu. Para ilmuwan di Johns Hopkins University School of Medicine memeriksa burung hantu salju, burung hantu bertanduk besar, dan burung hantu barred untuk penelitian ini.

Fabian de Kok-Mercado, seorang ilustrator medis mengatakan bahwa penelitian mendalam tentang anatomi burung hantu tersebut telah mengungkap salah satu dari banyak misteri medis neurovaskular, tentang bagaimana burung hantu menyesuaikan diri dalam melakukan rotasi kepala yang ekstrem.

Baca juga: Ulah Burung Hantu di Video Viral Ini Bikin Gemas

"Hasil penelitian baru kami menunjukkan dengan tepat apa yang dibutuhkan adaptasi morfologi untuk menangani putaran kepala, dan mengapa manusia sangat rentan terhadap cedera osteopatik dari terapi kiropraktik. Gerakan yang salah pada kepala manusia sangatlah berbahaya karena kita tidak memiliki banyak pelindung pembuluh seperti burung hantu,” tutur Fabian.

Gerakan mendadak pada kepala dan leher manusia dapat meregangkan dan merobek lapisan pembuluh darah, menghasilkan gumpalan darah yang bisa pecah dan menyebabkan kematian melalui emboli atau stroke.

Baca juga: Luar Biasa! Pendengaran Burung Hantu Tak Lekang Usia

Para peneliti menemukan varietas anatomis pertama pada leher burung hantu, di mana salah satu arteri utama memberi asupan ke otak melalui bony holes di tulang punggung. Rongga berlubang tersebut kira-kira 10 kali lebih lebar dari arteri yang melewatinya.

Ruang yang berlebih itu menciptakan satu set kantung udara yang melindungi arteri, memungkinkannya bergerak saat berputar. Mata burung hantu yang menghadap ke depan, membuatnya memiliki daya lihat yang lebih baik, tetapi mereka tidak bisa menggerakkan mata di dalam soketnya.

Karena tidak dapat menggerakkan mata, burung hantu harus memutar kepalanya untuk mendapatkan penglihatan yang lebih luas tanpa perlu mengubah posisi tubuh dan berisiko terlihat oleh mangsanya. Demikian dilansir dari News Feed Time.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini