nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gugatan Hukum untuk Apple Muncul di Markas Samsung

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 13:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 29 207 1837343 gugatan-hukum-untuk-apple-muncul-di-markas-samsung-B3yNTvUBpx.jpg (Foto: Reuters)

CUPERTINO Apple kini dihadapkan dengan serangkaian gugatan class action dari pengguna iPhone lawas yang lemot. Sebagaimana diketahui Apple dengan sengaja merilis fitur melalui update iOS demi menjaga baterainya tetap optimal dan iPhone tak mati mendadak.

Namun keputusannya itu membuat kecepatan iPhone menurun hingga mengantarkannya ke ranah hukum. Gugatan terbaru kini muncul dari Prancis dan Korea Selatan.

Baca: Gara-Gara iPhone 'Lemot', Apple Digugat Banyak Pengguna

Tuntutan di Prancis diajukan oleh kelompok aktivis yang disebut Halte à l'Obsolescence Programme (HOP), singkatan dari "Stop Planned Obsolescence". Tuntutan hukum itu menuduh Apple telah menerapkan strategi global untuk penuaan yang diprogram demi meningkatkan penjualan.

Tuntutan itu juga didasarkan undang-undang yang diberlakukan di Prancis pada 2015 yang menilai langkah Apple merupakan sebuah kejahatan.

“Semuanya diatur untuk memaksa konsumen memperbarui smartphone mereka. Namun saat smartphone harga 1.200 euro, yang lebih mahal dari SMIC (upah minimum bulanan di Prancis), praktik ini tidak dapat diterima dan harus dihukum. Ini adalah misi kami untuk membela konsumen dan lingkungan dari limbah yang dibuat oleh Apple," terang Laetitia Vasseur, pendiri HOP.

Baca juga: iPhone Lawas Lemot, Apple Minta Maaf

Sementara di Korea Selatan, dua gugatan class action telah dilayangkan. Firma hukum setempat juga menggandeng penggugat tersebut.

Disisi lain, Apple telah menyampaikan pernyataan maafnya melalui website resmi perusahaan. Apple juga menawarkan penggantian baterai iPhone dengan potongan harga kepada pengguna iPhone 6 dan iPhone yang lebih baru. Demikian seperti dilansir Ubergizmo, Jumat (29/12/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini