nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Ini Mampu Berolahraga dan Berkeringat Seperti Manusia

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 09:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 02 56 1838675 robot-ini-mampu-berolahraga-dan-berkeringat-seperti-manusia-I3YthAzYzt.jpg (Foto: Science Robotics)

TOKYO - Kenshiro dan ‘adiknya’, Kengoro adalah dua robot yang memiliki kemiripan dengan anatomi manusia. Robot dari Universitas Tokyo itu berdesain unik yang membuat mereka bisa bergerak lebih alami seperti manusia, dibandingkan robot sebelumnya.

Kengoro memiliki kemampuan berolahraga yang tak kalah dengan olahragawan manusia. Robot tersebut bisa sit up, push up, dan bahkan merentangkan badan. Namun, yang paling istimewa dan mengejutkan, yaitu Kengoro bisa berkeringat layaknya manusia.

Mesin yang bertugas membuat robot bergerak seperti manusia memanas sehingga membutuhkan air yang beredar melalui rangka logam untuk mendinginkannya. Uapnya keluar melewati lubang di rangkanya untuk menyempurnakan pendinginan.

Baca juga: Mantan Insinyur Google Rancang "Robot Tuhan" Demi Lengkapi Agama AI

Dalam jangka panjang, robot ini bisa berguna sebagai model crash-test karena mobilitasnya bisa terbaca lebih akurat daripada model yang tak dapat bergerak. Seiring kemajuan teknologi, Kengoro dan Kenshiro bisa menjadi inspirasi bagi robot pencarian dan penyelamatan yang sesungguhnya.

Hingga kini, tidak ada yang tahu ke mana perkembangan robotik humanoid dan Artificial Intelligence (AI) akan membawa dunia teknologi nanti. Robot tersebut tampaknya masih jauh dari tingkat AI dan robot dunia Barat, di mana manusia dan robot hampir tidak dapat dibedakan.

Baca juga: Setelah Dapat Kewarganegaraan, Robot Sophia Ingin Punya Anak

Namun, dengan perkembangannya, tampaknya telah semakin mendekati dan tak kalah canggih. Pikirkan tentang langkah yang lebih besar ke depannya, menggabungkan Kengoro dengan gerakannya yang seperti manusia dengan Hanson Robotis’ Sophia yang memiliki kecerdasan hampir layaknya manusia.

Kedua teknologi tersebut tumbuh semakin cepat. Menciptakan robot yang mampu bergerak, melihat, dan bahkan berpikir seperti manusia, memungkinkan AI semakin mudah diterima dan dikenal dunia. Demikian dilansir dari Science Alert.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini