Apple Bakal Akuisisi Netflix, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 03 Januari 2018 16:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 03 207 1839459 apple-bakal-akuisisi-netflix-benarkah-Ce6CFLadz1.jpg (Foto: BBC)

CUPERTINO Apple perlahan namun pasti turut mengikuti perkembangan dengan menghadirkan berbagai produk dan layanan terbaru. Biasanya Apple tak ingin repot membangun usahanya sendiri, dengan mengakuisisi startup sebagai gantinya.

Sebelumnya dikabarkan Apple kemungkinan akan mengakuisisi Disney dengan potensi sekira 20-30. Namun hal tersebut tak juga terjadi hingga Disney mengakuisisi Fox.

Baca: Apple Mulai Gulirkan Program Penggantian Baterai iPhone

Terbaru, analis menyebut ada kemungkinan sekira 40% bahwa Apple akan mengakuisisi Netflix seiring dengan kebijakan presiden Amerika Serikat yang memotong pajak perusahaan. Hal ini disbeut oleh analis Citi Jim Suva dan Asiya Merchant.

Kebijakan pemotongan pajak itu akan memberikan keleluasaan pada Apple untuk mengakuisisi perusahaan baru.

Suva dan Merchant menempatkan target untuk Apple melalui catatan kepada klien yang dikirimkan pada Desember 2017. Mereka menandai Netflix sebagai perusahaan yang kemungkinan besar diakuisisi Apple.

Apple bertahun-tahun teah berjuang menawarkan konten TV atau film yang menarik. iTunes sebelumnya telah menjadi andalan perusahaan, namun audiens telah migrasi ke Netflix, Amazon atau Hulu untuk menonton acara favorit mereka.

Baca juga: Sah! Apple Resmi Akuisi Shazam Demi Saingi Spotify

“Perusahaan memiliki terlalu banyak uang tunai yang hampir USD250 miliar dengan pertumbuhan USD50 miliar per tahun. Ini adalah hal yang bagus. Dengan lebih dari 90% uangnya di luar negeri, pajak repatriasi akan memberi Apple USD220 miliar untuk M & A atau akuisisi," kata analis dalam catatannya.

Jika Apple benar-benar akan melakukan akuisisi, maka hanya dibutuhkan sepertiga dari uang tersebut untuk membeli Netflix. Demikian seperti dilansir Business Insider, Rabu (3/1/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini