Layar iPhone X vs Note 8, Mana Lebih Tangguh?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018, 11:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 04 57 1839848 layar-iphone-x-vs-note-8-mana-lebih-tangguh-XeHH1Dc9LO.jpg (Foto: Android Authority)

JAKARTA iPhone X hadir dengan layar OLED yang diproduksi oleh Samsung. Tak kalah dengan Apple, Samsung bahkan telah menggunakan OLED pada beberapa smartphone-nya seperti Galaxy S7 Edge hingga Note 8 dengan layar AMOLED. Lantas apakah ketahanan layar tersebut sama?

Cetizen – situs teknologi Korea Selatan menguji layar OLED iPhone X, Note 8 dan Galaxy S8 Edge selama 510 jam untuk mengukur burn-in. Bagi Anda yang awam, burn-in merupakan istilah ketika perubahan warna layar karena gambar tampil terlalu cerah dan memiliki banyak warna.

Baca: iPhone X Kalah Tangguh Ketimbang iPhone 8 dan Galaxy S8, Kok Bisa?

Dari pengujian itu didapatkan bahwa iPhone X membutuhkan waktu yang lebih lama untuk burn-in ketimbang dua smartphone Samsung yang disertakan.

Situs itu membiarkan layar smartphone menampilkan gambar statis dengan tingkat kecerahan maksimal selama tes berlangsung. iPhone X pertama kali menunjukkan tanda-tanda burn-in setelah 17 jam, namun saat itu retensi gambar tidak begitu buruk dalam penggunaan normal.

Galaxy Note 8 juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menunjukkan retensi, namun setelah 62 jam retensinya terlihat lebih jelas ketimbang iPhone X, sehingga pengguna dapat mengidentifikasi titik-titik yang terbakar di Note 8.

Sementara itu, Galaxy S7 Edge juga hampir menunjukkan tanda-tanda burn-in. Namun serupa dengan iPhone X dimana retensi gambar tidak begitu buruk.

Baca juga: Hasil Video Galaxy Note 8 vs iPhone X, Mana Lebih Baik?

Pada akhir pengujian yakni setelah 510 jam, ketiga smartphone memiliki retensi gambar yang sangat mencolok, bahkan berpotensi permanen. Meski begitu, duo smartphone Samsung menunjukkan burn-in yang lebih tinggi ketimbang iPhone X.

Sayangnya, Cetizen tak mengungkap metode apa yang mereka gunakan untuk membersihkan layar burn-in itu. Akurasi dari pengujian ini pun masih dipertanyakan karena suit untuk memasang gambar yang sama selama 510 jam untuk tiga smartphone yang berbeda. Demikian seperti dilansir Ars Technica, Kamis (4/1/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini